Menanggulangi Pencurian Artikel Blog

Menanggulangi Pencurian Artikel Blog

Menanggulangi Pencurian Artikel Blog
Menanggulangi Pencurian Artikel Blog

Siapa sih yang tidak kesal kalau artikel Blog yang Anda buat dicopas oleh orang lain? Tentu saja Anda akan kesal. Untuk itu, Anda harus mencari strategi agar artikel Blog Anda tidak bisa dicopy paste begitu saja. Ratool (Removable Access Tool) adalah aplikasi gratis dalam bentuk portabel yang sangat ringan dan sederhana untuk digunakan, serta sangat membantu user mengamankan data mereka dari akses tidak sah ke dalam removable disk (flashdisk, dll).

Anda dapat melindungi file data yang Anda anggap penting agar tidak bisa dicopy paste ke oleh orang lain. Ratool dapat menonaktifkan akses penyimpanan USB flashdisk atau mengaktifkan perlindungan pada semua USB, sehingga mencegah data tidak bisa diubah atau dihapus.

Ratool akan membantu Anda dalam melakukan hal-hal sebagai berikut:

1. Allow Read & Write (Default) | Izinkan Baca & Tulis (Default): Pengaturan default agar USB flashdisk kembali normal dan akan berfungsi seperti biasa.

2. Allow Read-Only | Mengaktifkan Read-Only: Pilihan ini akan menjadikan komputer hanya dapat membaca dari disk USB, yaitu agar data file tidak bisa dicopy paste ke flashdisk.

3. Disable USB disk detection | Nonaktifkan deteksi disk USB: Menonaktifkan akses setiap USB flashdisk storage yang masuk ke komputer/laptop.

4.a) USB Device Autorun Control: Ini akan melindungi komputer dari virus dan program jahat yang berbahaya lainnya dengan menonaktifkan fungsi autorun USB flashdisk.

b) Safely remove hardware: Eject secara aman USB yang sudah selesai digunakan.

5. Show hidden files on selected drive diatas digunakan untuk melihat file tersembunyi pada drive (hard disk) yang dipilih.

6. Lock setting pada menu Options digunakan untuk mengunci pengaturan (default) yang sudah kita setting sebelumnya.

7. Anda juga dapat mengatur password untuk mencegah perubahan dari pengaturan orang lain yang tidak sah.
Sebenarnya cara untuk menghindari copas artikel di Blog tidaklah terlalu penting, semisal menonaktifkan klik kanan di Blog. Padahal biasanya di Blog Anda terdapat kode html yang akan dicopy, pasti hal ini kadang membuat pengunjung malas. Untuk itu ada cara lain menyikapi para pencuri konten yaitu dengan memasang CDMA, dan COPY PROTECT.

Berikut cara agar artikel Blog Anda tidak bisa dicopy paste langsung melalui template:

1. Masuk ke Blogger dengan menggunakan akun Anda.

2. Klik Tata Letak.

3. Pilih Edit Html, (Centang Expand Widget Template).

4. Cari kode <head> kemudian letakkan kode di bawah ini setelah kode <head> atau di bawahnya.

Cara lain untuk mengatasi copy paste artikel Blog adalah dengan menggunakan DMCA, caranya sebagai berikut.

1. Daftarkan Blog dan artikelnya di DMCA.

2. Kadang-kadang cek artikel ke website yang menyediakan tools untuk mengecek artikel Blog kita apakah dicuri atau tidak. Websitenya Duplicecker, Plagiarism Checker, Article Checker, dan Copy Scape. Tinggal pilih saja sesuai selera.

3. Pasang anti klik kanan.

4. Jika ada yang kedapatan mencuri artikel Blog Anda, baiknya diingatkan dulu. Jika masih bandel mengcopas, selanjutnya terserah Anda, apakah mau dilaporkan ke Google agar ditutup Blognya atau tidak.

Silakan mencoba beberapa cara di atas untuk mengamankan artikel Blog Anda. Semoga bermanfaat.

Comments are closed.