5 Hal Yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Memilih Web Hosting

5 Hal Yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Memilih Web Hosting

5 Hal Yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Memilih Web Hosting

Salah satu faktor yang mempengaruhi agar website yang diluncurkan sukses adalah dengan memilih web hosting yang bagus. Perusahaan web hosting merupakan perusahaan yang menyediakan space di server yang bisa kita gunakan untuk menyimpan file-file website agar bisa diakses dari seluruh dunia melalui koneksi internet.

Di Indonesia sendiri sudah ada banyak sekali perusahaan yang menawarkan layanan web hosting dengan paket spesifikasi yang ditawarkan dengan harga yang menarik. Sebelum memilih web hosting yang tepat untuk kamu, kamu harus mengetahui kebutuhan website kamu terlebih dahulu.

Dan inilah 5 hal yang harus kamu ketahui sebelum memilih web hosting.

1. Storage

Storage atau kapasitas hard disk merupakan hal pertama yang harus kamu ketahui, seberapa besar space yang kamu butuhkan untuk menjalankan website kamu. Jika website kamu hanya berupa blog dengan artikel yang masih sedikit dengan beberapa gambar, paket standar dari perusahaan web hosting bisa mengcover kebutuhan kamu.

Namun jika website kamu juga memiliki video-video, pilih kapasitas space yang lebih besar. Apalagi jika website yang kamu kembangkan merupakan website besar atau platform e-commerce, maka kamu membutuhkan paket premium atau kapasitas storage yang lebih besar lagi.

2. Bandwidth

Bandwidth merupakan rate dari transfer data baik download maupun upload. Misalnya website kamu memiliki ukuran sebesar 50kb, dan dalam satu hari website kamu dikunjungi oleh 100 orang, maka bandwidthnya telah terpakai 50KB x 100 = 5.000KB. Jika bandwidht habis, website tidak bisa diakses dan menampilkan pesan error “Bandwidth Limit Execceded.”

Untuk itu jika website kamu memiliki banyak file yang dapat di download oleh pengunjung, maka kamu harus memiliki web hosting dengan bandwidth yang lebih besar atau yang unlimited.

3. Tipe Web Hosting

Ada banyak tipe-tipe web hosting yang bisa kamu gunakan untuk website kamu, seperti Shared Hosting, Dedicated Server Hosting, VPS Hosting Server hingga Cloud Hosting.

Kamu harus mempelajari perbedaan dari masing-masing web hosting tersebut, karena masing-masing memiliki fitur yang unik. Bandingkan dengan kebutuhan websie kamu, baru kamu putuskan untuk memilih web hosting yang mana yang terbaik untuk website kamu.

4. Customer Support

Salah satu fitur penting yang perusahan penyedia web hosting harus punya adalah customer support yang sigap membantu. Perusahaan web hosting yang bagus pasti menyediakan customer support terbaik yang siap membantu masalah yang kamu hadapi, selama 24 jam / 7 hari. Karena kita tidak pernah tahu kapan masalah akan muncul.

5. Fitur tambahan

Jangan pernah meremehkan hal kecil. Baca secara detil dari tiap paket yang ditawarkan oleh perusahaan web hosting, bandingkan dengan perusahaan lain. Lihat baik-baik fitur-fitur yang ditawarkan, karena tiap-tiap perusahaan web hosting menggunakan cara promosi yang berbeda-beda.

Misalnya saja ada perusahaan yang menawarkan nama domain gratis untuk paket tertentu, gratis penggunaan SSL dan lain sebagainya.

 

Jakartawebhosting Banner 468-60px