6 Sumber Traffic Selain Google

6 Sumber Traffic Selain Google

6 Sumber Traffic Selain Google

Ketika berbicara mengenai dunia online, banyak dari kita yang fokus pada organic search dari mesin pencari seperti Google. Tidak mengoptimalkannya, maka kamu akan kehilangan potensi traffic yang sangat banyak. Namun, kamu mungkin akan kaget bahwa Google Search bukan satu-satunya platform untuk mendapatkan traffic. Berikut ini adalah 6 sumber traffic selain Google.

1. Guest Blogging

Saat ini memang guest blogging tidak direkomendasikan untuk mendapatkan backlinks, namun bukan berarti kamu harus berhenti. Guest blogging bisa menjadi sumber traffic (referral traffic), dan bahkan juga bisa membuat blog kamu dikenal dan mendapatkan pengikut baru. Kamu bisa memberikan komentar pada blog lain, tetapi harus diingat jangan menulis komentar sembarangan yang ada malah akan dihapus.

2. Kolaborasi dengan Blogger Lain

Berkolaborasi dengan blogger lain mungkin dapat membukakan pintu baru bagi kamu ke dalam dunia web marketing. Kamu bisa mengontak blogger lain dan menawarkan untuk bekerja sama, menaruh artikel kamu di blognya dan menaruh artikelnya di blog kamu. Kamu bisa mendapatkan traffic tambahan.

3. Media Sosial

Media sosial merupakan sumber traffic yang dapat mendatang traffic yang cukup banyak ke website atau blog kamu. Kamu bisa men-share artikel atau konten yang baru dipublish ke media sosial seperti Facebook, Twitter, Google Plus, dan media sosialnya.

Tidak hanya mendatangkan traffic, media sosial juga dapat digunakan untuk membangun hubungan jangka panjang dengan pengunjung website atau blog kamu. Pastikan kamu selalu membalas jika ada komentar atau yang bertanya di media sosial.

4. Forum

Selain media sosial, kamu juga bisa memanfaatkan forum sebagai sumber traffic ke website atau blog kamu. Kamu bisa men-share artikel dan konten yang kamu buat ke banyak forum popular, baik yang ada di Indonesia atau kalau bisa forum terkenal dari luar.

Tidak hanya berbagi konten yang kamu buat, kamu juga bisa memberikan komentar pada thread yang ada di forum. Untuk itu kamu harus menyertakan signature, dengan link ke website atau blog kamu.

5. Membuat Mailing List

Ketika baru memulai blog, blog kita baru mendapatkan sedikit sekali traffic jadi tidak perlu untuk membuat mailing list. Namun seiring semakin berkembangnya blog kamu dan telah memiliki banyak traffic, maka perlu untuk membuat mailing list.

Dengan mailing list, pengunjung bisa mendaftar menjadi subscriber dan akan diberitahu jika ada konten atau artikel terbaru. Jadi pastikan juga bahwa kamu rajin untuk mengupdate konten yang ada di blog atau website kamu.

6. Platform Video

Sudah banyak blogger yang mengkonversi kontennya ke platform lainnya seperti video. YouTube memiliki 1 milyar pengguna aktif dari seluruh dunia. Jadi sangat masuk akal jika kamu ingin mendapatkan sumber traffic lain bisa mengkonversi konten kamu ke platform video. Bisa saja kamu membuat video tutorial, unboxing, atau apapun yang masih berhubungan dengan tema dari blog kamu. Dan bahkan jika video yang kamu buat popular, kamu bisa mendapatkan uang melalui program Adsense.