6 Taktik Efektif Untuk Membuat Blog Lebih Popular

6 Taktik Efektif Untuk Membuat Blog Lebih Popular

6 Taktik Efektif Untuk Membuat Blog Lebih Popular

Blogging memang terlihat mudah, tetapi pada industri ini sudah banyak sekali persaingan yang dapat menjadi hambatan agar sukses jadi seorang profesional blogger. Tetapi kamu harusnya tidak gentar untuk menghadapi persaiangan yang semakin banyak. Yang harus kamu lakukan untuk sukses di industri ini adalah menjadi kreatif dan unik agar blog lebih popular. Dan seperti pekerjaan lainnya, blogging juga membutuhkan tekad, sikap positif dan kerja keras.

Berikut ini adalah beberapa strategi penting yang setiap blogger profesional harus menyadarinya. Menerapkan strategi ini dapat membantu mengembangkan blog lebih popular.

1. Ketahui Target Audiens

Jika kamu ingin mempunyai sekelompok audience yang berdedikasi, kuncinya adalah untuk menentukan target audiens dengan jelas. Audiens harus ditentukan dari awal. Konten dari blog harus berdasarkan kepada pengunjung. Ketertarikan audiens akan mencapai puncaknya dengan konten yang relevan. Kamu dapat mempromosikan blog dengan cepat jika konten difokuskan.

Kamu dapat membuat beberapa kriteria untuk menentukan target pasar. Kamu bisa menggunakan demografi yang berbeda seperti gender, umur, edukasi, hobi, dan lain sebagainya. Fokus kepada pemasaran online akan membantu blog lebih popular dan mendapatkan banyak pengunjung.

2. Buat Konten Blog Yang Unik

Daripada membuang-buang energi kamu dalam pencarian topik yang beda, kamu sebaiknya fokus pada inovasi dari topik yang kamu pilih. Kamu bisa menulis konten dengan topik yang sama seperti blog lain, tetapi dengan menambahkan sesuatu yang berbeda. Misalnya saja kamu menambahkan informasi eksklusif, fakta terbaru, opini dan perspektif kamu, agar konten blog kamu terlihat beda dibandingkan dengan blog lainnya.

3. Mengupdate Konten Secara Teratur

Menambahkan konten baru secara teratur dapat membantu dalam mengembangkan audiens yang stabil. Semua konten baru harus fokus pada target audiens, dan tetap pada topik yang sudah ditentukan menjadi hal yang kritikal untuk sukses. Menyesuaikan konten sesuai dengan audiens, setelah kamu tahu kebutuhan mereka. Coba untuk menjaga waktu posting agar tetap sama di waktu yang realitis agar kamu dapat mengelolanya dengan baik.

4. Membentuk Komunitas Online Dengan Blog

Kamu bisa mendapatkan banyak pengunjung dengan membuat blog kamu terlihat interaktif. Mendorong pengunjung untuk berinteraksi dengan menambahkan kolom comment, menjadi salah satu jalan untuk membuat blog kamu sukses. Memberikan kesempatan kepada pengunjung untuk berbagi ide dan berinteraksi dengan pengunjung lainnya. Dan pastikan juga ada tombol share, agar pengunjung mudah untuk membagi konten dari blog kamu.

5. Desain Blog Yang Profesional

Menyampaikan citra profesional sangat penting untuk mendapatkan followers. Terlepas dari subyek blog, selalu tampilkan citra profesional dalam konten dan desain. Untuk membuat blog kamu memiliki tampilan yang profesional, kamu harus selalu menghindari untuk menggunakan background yang mengganggu.

Pilih warna dari blog dengan hati-hati, dan hindari menggunakan banyak font. Pilih satu font dan juga hindari untuk menggunakan variasi dari ukuran font dan warnanya. Pastikan setiap halaman blog dan bagian diberi label agar pengunjung mudah untuk bernavigasi di blog kamu. Pastikan konten kamu dapat dibaca pengunjung dengan nyaman, dan koreksi sebelum diterbitkan untuk menghindari kesalahan.