Gunakan Google AMP Untuk Mempercepat Website

Gunakan Google AMP Untuk Mempercepat Website

Gunakan Google AMP Untuk Mempercepat Website

Pernah kamu kamu mendengar Google AMP? Teknologi ini dapat membuat website kamu menghadirkan waktu loading yang lebih cepat pada perangkat mobile. Dengan waktu loading yang semakin cepat tentunya akan menghadirkan user experience yang lebih baik dan dapat menaikan traffic. Pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai apa itu Google AMP.

Apa Itu Google AMP?

Google AMP atau merupakan singkatan dari Accelerated Mobile Pages, merupakan proyek open source yang diinisiasi oleh raksasa teknologi seperti Google dan Twitter. Tujuan dari proyek ini adalah untuk membuat konten web dibuka lebih cepat pada perangkat mobile.

Untuk pengguna mobile, ketika membuka website dari perangkatnya sering kali terasa lama. Kebanyakan adalah website yang kaya akan konten, yang dapat menghabiskan beberapa detik hanya untuk membuka halaman website.

Accelerated Mobile Pages atau AMP menggunakan HTML yang seminimal mungkin dan JavaScript yang terbatas. Konten yang ada pada website dapat disimpan pada Google AMP Cache. Google dapat menampilkan versi cache kepada pengunjung ketika mereka mengklik link hasil dari mesin pencari.

Cara kerjanya sangat mirip dengan Facebook Instant Articles, namun teknologi tersebut hanya bisa digunakan pada flatform Facebook, terutama pada aplikasi mobilenya.

Teknologi AMP dapat digunakan pada berbagai aplikasi, browser atau web viewer. Saat ini AMP digunakan oleh Google, Twitter, Linkedin, Reddit dan masih banyak lagi.

Kelebihan dan Kekurangan Google AMP

Ahli SEO mengatakan bahwa AMP dapat membantu menaikan ranking Google website kamu, dan meningkatkan user experience dari pengguna mobile yang menggunakan koneksi internet yang lemot. Meski demikian ada beberapa tantangan.

AMP menggunakan set yang terbatas dari HTML, JavaScript dan CSS. Ini berarti kamu tidak bisa menambahkan widget dan fitur pada tampilan website AMP diperangkat mobile. Batasan ini membuat kamu menambah kemampuan dengan menambahkan form option smart email, Facebook like box dan script dinamis lainnya.

Google AMP hanya mendukung Google Analytics, dan untuk saat ini tidak mendukung platform analisis lainnya. Hal ini sama juga dengan iklan, AMP hanya mendukung platform Google Adsenses dan beberapa platform iklan lainnya.

Meski dengan keterbatasan tersebut, Google mendorong penggunaan halaman AMP untuk memberikan traffic yang lebih baik dari perangkat mobile. AMP dapat secara signifikan menaikan traffic yang datang dari mesin pencari mobile. Dan dengan menambahkan AMP juga akan menaikan dan menjaga SEO kamu.

Untuk mempelajari lebih lanjut mengenai cara penggunaan Google AMP bisa mengunjungi situs resminya di Ampproject.org.

 

Jakartawebhosting Banner 468-60px