Cara Mengenkripsi Pesan di Facebook Messenger

Cara Mengenkripsi Pesan di Facebook Messenger

Setelah lama WhatsApp merilis fitur end-to-end encryption, Facebook yang menjadi perusahaan induknya juga telah merilis fitur ini untuk aplikasi pesan instan Facebook Messenger. Namun fitur ini tidak aktif secara default, penggunakan harus mengaktifkan sendiri pilihan end-to-end encryption. Dan menariknya fitur ini juga dapat pilihan untuk keamanan tambahan dengan pilihan self-destruct atau pesan akan terhapus sendirinya. Ikuti langkah-langkah untuk mengaktifkan fitur ini di perangkat mobile kamu, untuk mengenkripsi pesan yang kirim melalui Facebook Messenger.

Mungkin banyak belum tahun fitur end-to-end encryption pada Facebook Messenger, fitur ini dipanggil dengan nama Secret Conversation. Dengan fitur ini pengguna secara otomatis mengenkripsi pesan yang dikirim ke sesama pengguna Facebook Messenger. Yang diklaim dimana Mark Zuckerberg ataupun NSA sekalipun, tidak dapat membaca pesan, kecuali pengguna yang dikirimi pesan.

Secret Conversation menggunakan protocol Signal Encryption. Dan fitur enkripsi untuk Facebook Messenger ini tersedia di platform Android dan juga iOS. Namun kita harus mengaktifkan fitur ini terlebih dahulu.

Cara Mengenkripsi Pesan di Facebook Messenger

1. Jika kamu belum mendownload aplikasi Facebook Messenger, kamu bisa mendownloadnya melalui Play Store atau App Store.

2. Bagi yang sudah menjadi pengguna Facebook Messenger, silahkan buka aplikasi dari perangkat kamu.

3. Kamu bisa lihat ada menu ikon profile di pojok kanan atas, klik ikon tersebut untuk membuka menu.

Cara Mengenkripsi Pesan di Facebook Messenger

4. Setelah terbuka menunya, scroll terus kebawah hingga menemukan fitur Secret Conversation, dan klik.

5. Akan muncul menu baru, dengan pilihan untuk mengaktifkan Secret Conversation, aktifkan dan akan muncul menu pop-op, klik saja Turn On untuk mengaktifkan end-to-end encryption.

6. Sekarang kembali ke tampilan Home. Untuk mulai mengirim pesan terenkripsi, klik ikon plus, kemudian pilih pesan. Sekarang ada ikon baru di pojok kanan atas, aktifkan fitur Secret Conversation, maka tampilannya berubah menjadi warna hitam.

Cara Mengenkripsi Pesan di Facebook Messenger

7. Pilih teman yang ingin kamu kirim pesan, dan yang perlu diingat bahwa teman kamu tidak bisa melihat pesan sebelum dia mengaktifkan Secret Coversation. Jadi kamu harus meminta mereka terlebih dahulu untuk mengaktifkannya.

8. Dan satu lagi yang perlu diingat, fitur ini tidak akan selalu aktif, jadi kamu harus selalu mulai dari langkah nomor 6 untuk mengaktifkannya, untuk mengenkripsi pesan yang akan dikirim.

9. Selain itu ada juga fitur untuk pesan berwaktu, pada Secret Conversation, klik ikon yang seperti jam weker, pilih waktu yang diinginkan, dan pesan secara otomatis akan terhapus setelah waktu tersebut.

Semoga tutorial ini dapat berguna untuk kamu.