4 Alasan Memilih Platform Open Source Untuk Pengembangan Web

4 Alasan Memilih Platform Open Source Untuk Pengembangan Web

Platform open source untuk pengembangan web ternyata memiliki banyak peminat dari kalangan bisnis. Mereka ingin membangun baik website maupun aplikasi web dengan menggunakan platform open source, karena alasan utamanya adalah efisiensi biaya dan juga dapat memberikan solusi yang dibutuhkan.

Kebanyakan software berlisensi memiliki banyak sekali terms and conditions yang dapat membatasi kebebasan untuk mengelola solusi web secara independen. Berikut ini adalah empat alasan kenapa harus memilih platform open source untuk pengembangan web.

1. Solusi Disesuaikan

Solusi platform open source dapat disesuaikan pada berbagai tinggat dan solusi yang berbeda dan dapat digunakan bersama untuk membuat solusi dengan kustomasi yang sangat tinggi. Karena kodenya bersifat terbuka, pengembang web dapat dengan mudah untuk memodifikasinya dan menambahkan fungsi sesuai dengan yang mereka inginkan. Berbeda dengan software berbayar, dimana kita tidak bisa mengotak-ngatiknya.

2. Bebas Dari Vendor Locks

Platform open source hadir dengan bebas dari vendor lock saat mengakses berbagai paket yang ada di dalam sistem. Biasanya software berbayar ada beberapa macam paket, untuk harga yang paling murah hanya bisa menggunakan beberapa fitur saja dan untuk bisa menggunakan semua fitur harus membayar yang paling mahal. Hal ini tentu saja dapat membantu pengguna untuk membatasi pengeluaran biaya, karena software open source tidak memiliki batasan seperti ini.

3. Dukungan Yang Lebih Baik

Hampir semua software open source bisa digunakan gratis, meski demikian pengembang selalu aktif untuk mengupdate softwarenya baik untuk memperbaiki bugs, menambah fitur atau menambal celah keamanan. Selain itu mereka juga menyediakan dukungan baik dari forum, newsgroups, mailing list hingga live chat. Jika ada masalah kamu juga bisa bertanya pada komunitas dari sofware open source yang kamu gunakan.

4. Coba Dulu, Baru Beli

Seperti yang sudah disebutkan di atas, platform open source kebanyak bisa digunakan gratis. Namun jika kamu suka dengan solusi yang ditawarkannya, kamu bisa membeli versi berbayarnya untuk mendapatkan fitur yang tidak ada pada versi gratis.