Matikan MySQL Reverse DNS Lookup Untuk Mempercepat Kinerja MySQL

Pernah kamu mengalami masalah pada MySQL server, dimana membutuhkan waktu yang lama untuk melayani setiap querry. Masalah ini disebabkan oleh MySQL Reverse DNS lookup yang menyebabkan kinerja jadi terasa lambat.

Bagaimana Cara Mematikan MySQL Reverse DNS Lookup?

Dengan mematikan MySQL Reverse DNS lookup kamu bisa meningkatkan waktu respon dari MySQL secara dramatis.

Untuk men-disbale MySQL Reverse DNS lookup ini hanya membutuhkan waktu sekitar 1 menit. Hanya dengan membuat baris script yang simpel dan menaruhnya di dalam file konfigurasi MySQL kamu, kamu dapat memperbaiki masalah respon yang lambat pada MySQL.

Caranya tambahkan script di bawah ini pada file /etc/my.cnf di dalam block konfigurasi mysqld:

# Skip MYSQL Reverse DNS lookup
skip-name-resolve

Sekarang restart MySQL untuk meng-apply perubahan ini:

Pada server cPanel

service myssql restart

Pada server plain CentOS/RHEL:

service mysqld restart

Apa Yang Berubah Setelah Skip-name-resolve pada file My.cnf?

Skip-name-resolve secara langsung membiarkan MySQL untuk menghidari respon DNS lookup ketika mengecek koneksi klien ke MySQL server. Cara ini, MySQL server kamu hanya akan menggunakan IP address, daripada menggunakan hostname.

Jika kamu memiliki utnuk menggunakan skip-name-resolver, pastikan hak koneksi MySQL sudah di set untuk allow IP, dan tidak menggunakan host.

Pada kebanyakan sistem, untuk MySQL server lokal kamu akan membutuhkan untuk menggunakan host=127.0.0.1 untuk IPv4 dan host=::1 untuk jaringan IPv6, daripada menggunakan yang klasik seperti “Host=localhost.”