Cara Migrasi Dari Shared Hosting ke VPS

Cara Migrasi Dari Shared Hosting ke VPS

Mungkin saat ini kamu sedang memikirkan untuk pindah dari shared hosting yang kamu gunakan saat ini ke VPS dengan sumber daya yang lebih baik.

Migrasi dari shared hosting ke VPS harus kamu lakukan jika loading website kamu menjadi lebih lambat, atau website kamu semakin berkembang dengan traffic yang sudah semakin banyak, atau kamu sering menemui error 509 Bandwidth Limit Exceeded, atau kamu ingin keamanan dan support yang lebih baik.

Jika kamu melihat beberapa tanda tersebut diatas maka ini saatnya kamu migrasi dari shared hosting ke VPS. Kali ini saya akan membahas langkah-langkah untuk migrasi dari shared hosting ke VPS.

Langkah Migrasi Dari Shared Hosting ke VPS

Langkah 1

Langkah pertama yang harus kita lakukan tentunya adalah dengan menyewa paket VPS yang kita butuhkan, dan mendapatkan akses ke client area.

Langkah 2

Langkah selanjutnya yang kamu butuhkan adalah dengan mengekspor database dan file website kamu. Untuk melakukannya kamu bisa menggunakan control panel yang disediakan seperti cPanel atau Plesk. Pada control panel ini tersedia fitur untuk backup dan juga restore. Lakukan full back-up, kemudian download file back-up ke komputer lokal.

Atau kamu juga bisa memback-up file website secara manual termasuk tema, plugin dan media upload. Untuk backup file secara manual bisa menggunakan FTP client seperti Filezilla yang bisa kita download secara gratis.

Langkah 3

Setelah membackup semua file website, kini masuk ke control panel server VPS kamu yang baru. Dari control panel tinggal cari fitur Restore, dan pilih file backup yang dibuat pada proses backup.

Atau kamu bisa juga mengupload file website secara manual dengan menggunakan Filezilla.

Langkah 4

Langkah terakhir adalah dengan mengubah nameserver domain kamu. Untuk melakukannya login ke client area dimana kamu mendaftarkan nama domain kamu. Setelah login cari pilihan nameservers, lalu ganti nameserver sesuai dengan yang diberikan oleh penyedia VPS.