6 Teknologi Fenomenal Google

6 Teknologi Fenomenal Google

Hanya dalam waktu beberapa tahun setelah menjadi startup di tahun 1997, Google menjadi perusahaan besar dan saat ini memiliki banyak proyek yang berbeda termasuk Google Car, Project Loon, Project Soli dan fasilitas penelitian Google X, serta masih banyak lagi investasinya di berbagai perusahaan.

Sekarang Google bukan lagi hanya mesin pencari, perusahaan ini memiliki banyak project, dan hingga akhirnya menjadi perusahaan teknologi raksasa Alphabet.

Berikut ini adalah beberapa teknologi fenomenal Google, yang menjadikannya semakin besar dan menguasai dunia.

1. Android

Android merupakan pembelian Google yang paling fenomenal, dimana Google mendapatkannya pada tahun 2005 dengan harga US$ 50 juta, dan sekarang kita bisa melihat sistem operasi mobile ini dimana-mana. Android mengubah bisnis smartphone, dan saat ini lebih dari 80% smartphone yang ada di dunia berjalan dengan menggunakan Android.

2. YouTube

Siapa yang tidak kenal dengan YouTube. YouTube menjadi mesin pencari terbesar kedua di dunia, lebih besar dari kombinasi Bing, Yahoo dan Ask. YouTube dibeli oleh Google pada tahun 2006.

YouTube memiliki milyaran pengguna aktif, dan setiap harinya pengguna menonton jutaan jam video YouTube dan menghasilkan milyaran view.

3. Boston Dynamics

Boston Dynamics merupakan pemimpin pasar pada teknologi robotic yang membawa revolusi pada industri mesin. Nilai akusisinya ini masih rahasia.

Robot humanoid yang bernama Atlas merupakan salah satu teknologi robot yang paling canggih di dunia.

4. Deep Mind

Deep Mind merupakan perusahaan teknologi Artificial Intelligence (AI) yang diakuisis pada Januari 2014. Deep Mind mengembangkan teknologi pada machine learning yang menggunakan sistem neuroscience untuk membangun algoritma pembelajaran yang powerful.

Deep Mind membawa sistem berpikir kritis ke dalam mesin, salah satunya adalah Image Search yang menggunakan teknologi ini.

5. Quantum Computers

Setelah bekerja sama dengan NASA untuk membangun komputer quantum komersial pertama yang dibuat oleh D-Wave, dan pada tahun 2014 mereka mengumumkan akan membangun komputer Quantumnya sendiri.

Komputer Quantum merupakan kunci terhadap beberapa masalah yang kompleks dan belum terpecahkan.

6. Google X

Google X memiliki tujuan untuk menghadirkan fiksi ilmiah menjadi kenyataan. Fasilitas lab penelitian semi-rahasia ini memegang kunci teknologi masa depan dan membawahi beberapa perusahaan AI dan robotic untuk menjalankan tujuannya ini.