Cara Menggunakan Chrome Remote Desktop

Cara Menggunakan Chrome Remote Desktop

Kamu mungkin sering untuk mengakses PC lain secara remote, misalnya saja untuk membantu teman atau klien, atau bisa juga untuk mengakses komputer sendiri untuk kebutuhan tertentu. Dan kebetulan kamu pengguna Google Chrome. Ada tool yang bernama Chrome Remote Desktop untuk mempermudah pekerjaan kamu.

Mungkin kamu sering menggunakan program seperti Team Viewer untuk mengakses komputer lain secara remote. Tetapi Chrome dengan ektensi Chrome Remote Desktop juga dapat digunakan untuk menggantikan Team Viewer.

Sebelum menggunakan ekstensi Chrome Remote Desktop, tentunya kamu harus mendownload-nya terlebih dahulu. Tool ini mendukung sistem operasi Windows, Mac dan juga Linux.

Download Ekstensi Chrome Remote Desktop

Langkah pertama tentunya kamu harus mendownload ekstensi ini terlebih dahulu. Buka program Chrome dari komputer, lalu masuk ke https://chrome.google.com/webstore/category/apps. Cari Chrome Remoter Desktop atau kunjungi link ini.

Setelah terpasang akan muncul pop up yang meminta permissions, dan ijinkan.

Buka Chrome Remote Desktop Untuk Akses Remote

Setelah terinstall, tool ini akan ditambahkan pada tombol Launch App, atau bisa mengunjungi chrome://apps/ di address bar. Lalu pilih Chrome Remote Desktop. Ijinkan saja jika meminta permission Gmail.

Ada dua fitur utama Remote Assistance dan My Computers. Remote Assistance, fitur ini dapat digunakan jika kamu ingin membantu seseorang dengan mengakses PC-nya. Sementara My Computers untuk mengakses komputer kamu dari mana saja.

Menggunakan Fitur Remote Assistance

Pilihan pertama ini dapat digunakan untuk mengakses PC teman, klien atau siapa saja melalui browser Chrome. Seperti aplikasi Team Viewer, fitur ini akan menampilkan tampilan layar komputer yang kita akses atau memilih untuk men-share tampilan layar kita ke komputer yang dituju.

Komputer target juga harus menggunakan Chrome dan Chrome Remote. Komputer target juga harus membuka tool ini, lalu pilih Remote Assistance, kemudian pilih Share. Komputer target akan menunjukan kode tertentu yang harus kamu masukan. Sekarang dari komputer kamu pilih Remote Assistance, lalu pilih Access, dan masukan kode yang ditampilkan pada komputer target.

Setelah kode dimasukan dan benar, maka komputer sudah terhubung. Kamu akan melihat notifikasi dengan email id dari pengguna yang memiliki akses. Kita dapat kapan saja mematikan koneksi dengan satu klik Stop Sharing.

Menggunakan Fitur My Computers

Fitur kedua yang ditawarkan adalah My Computers, yang dapat kamu gunakan untuk mengakses komputer kamu sendiri dari mana saja.

Untuk menggunakan fitur ini, kamu harus mengaktifkan My Computers di PC kamu. Masuk ke Remoter Desktop, lalu di fitur My Computers klik Get started. Dan sekarang kamu akan melihat pilihan Enable Remote Connection, klik pilihan ini untuk melanjutkan proses.

Selanjutnya akan muncul pemberitahuan untuk mendownload Chrome Remote Desktop Host Installer. Setelah download selesai, kamu perlu meng-install aplikasi tersebut.

Selanjutnya kamu akan diminta untuk membuat PIN, yang dibutuhkan untuk mengakses komputer kamu. Setelah memasukan PIN, kini remote access telah diaktifkan.

Sekarang download aplikasi Chrome Remote Desktop di smartphone Android atau iOS. Buka dan login akun Google yang sama seperti yang kamu gunakan di komputer. Setelah login akan diminta memasukan PIN yang tadi sudah kamu buat. Dan sekarang kamu bisa mengakses komputer dari perangkat smartphone atau tablet. Dan komputer target kamu harus selalu menyala.