Cara Menghapus Virus di Android Tanpa Factory Reset

Perangkat komputer desktop bukan hanya satu-satunya perangkat yang dapat diinfeksi oleh virus. Sekarang pembuat virus dan malware lainnya menargetkan perangkat popular lainnya seperti perangkat Android. Dan setiap hari malware ini semakin berkembang, semakin banyak perangkat Android yang terinfeksi virus dan malware.

Jika kamu yakin perangkat Android kamu ada virusnya, kamu bisa melakukan factory reset atau reset ulang untuk mengatasi masalah ini. Tetapi tentu saja kamu akan kehilangan semua data yang ada di perangkat, baik itu foto, video, pesan SMS, saved games, dan semunya. Factory reset harusnya menjadi jalan terakhir.

Lalu bagaimana cara untuk menghapus virus di Android tanpa factory reset?

Apakah Benar Perangkat Kamu Terinfeksi Virus atau Malware Lainnya?

Jika perangkat Android kamu tidak berfungsi sebagaiman mestinya, ada kemungkinan perangkat kamu terinfeksi virus. Tanda-tanda perangkat Android kamu terkena virus atau malware seperti perangkat tiba-tiba restart, muncul banyak iklan, baterai cepat habis, kuota data cepat habis dan lain sebagainya. Meski bisa saja masalah tersebut muncul, karena isu yang lain.

Jika perangkat kamu memiliki tanda-tanda yang mencurigakan coba ingat-ingat:

  1. Apakah masalah pada perangkat Android setalah kamu mendownload aplikasi atau file?
  2. Apakah baru-baru ini kamu memasang aplikasi pihak ketiga yang bukan dari Play Store resmi?
  3. Apakah kamu mengklik link iklan ketika membuka halaman website tertentu?

Jika jawabanya Ya, kemungkinan besar memang perangkat Android kamu terkena malware atau sejenisnya.

Menghapus Aplikasi atau File Yang Kamu Curigai Adalah Pembawa Virus

Jika kamu menghadapi masalah setelah memasang aplikasi tertentu atau mendownload file, mungkin itu adalah penyebabnya, apalagi jika tidak mendownload-nya dari Google Play Store. Bisa jadi aplikasi pihak ketiga sudah disusupi kode yang jahat. Jadi kamu harus menghapus aplikasi-aplikasi berbahaya ini.

Menghapus Virus di Android Dengan Aplikasi Antivirus

Jika kamu yakin perangkat Android kamu terkena malware atau virus atau sejenisnya, langkah pertama adalah memasang aplikasi antivirus, lalu kamu scan perangkat kamu.

Dan semoha aplikasi antivirus ini dapat menemukan malware atau virus dan menghapus virus di Android baik smartphone ataupun tablet.

Membersihkan Cache

Selain langkah-langkah diatas, kamu juga bisa membersihkan cache dan history, membersihkan perangkat yang berjalan pada proses startup, untuk memastikan perangkat kamu tetap berjalan mulus dan lebih aman.

Factory Reset

Jika langkah-langkah diatas masih belum berhasil juga maka pilihan terakhir membersihkan virus di Android adalah dengan mem-factroy reset perangkat.