10 Penggunaan Command Ping di Linux

10 Penggunaan Command Ping di Linux

Ping digunakan untuk mengirim ICMP ECHO_REQUEST ke host jaringan.

Ping merupakan singkatan dari Packet Internet Groper. Teknik ini merupakan cara terbaik untuk menguji konektivitas antara dua node. Bisa di Local Area Network (LAN) atau Wide Area Network (WAN), Ping bekerja dengan baik. Ping menggunakan ICMP (Internet Control Message Protocol) untuk berkomunikasi ke perangkat lain. Kamu bisa menggunakan command ping ke alamat IP dari hostname.

Ping menggunakan protocol ICMP ECHO_REQUEST yang merupakan datagram wajib untuk mendapatkan ICMP ECHO_RESPONSE dari gateway atau host. Datagram ECHO_REQUEST memiliki ICMP dan IP dan header, diikuti oleh struct timeval dan kemudian jumlah “pad” byte yang digunakan untuk mengisi paket ini.

10 Command Ping di Linux:

  1. -d. Untuk mengatur opsi soket SO_DEBUG.
  2. -l. Untuk melepas sumber rute. Pilihan ini digunakan pada header IP untuk mengirim paket ke host yang diberikan dan kemudian kembali lagi. Biasanya ditentukan dengan opso R.
  3. -r. Mem-bypass tabel routing normal dan dikirim langsung ke host pada jaringan yang terhubung. Jika host tidak berada pada jaringan yang terhubung langsung maka error akan dikembalikan.
  4. -L. Mematikan loopback dari paket multicast.
  5. -v. Output Verbose. Daftar paket ICMP, selain ECHO_RESPONSE, yang diterima.
  6. -n. Menampilkan alamat jaringan sebagai nomor. Ping biasanya menampilkan alamat sebagai host name.
  7. -R. Merupakan rute Record. Untuk menentukan pilihan IP record route, yang menyimpan rute paket di dalam header IP. Isi record route hanya akan dicetak jika opsi -v diberikan, dan hanya ditetapkan pada paket return jika host target menyimpan opsi record route di seluruh echo, atau bahkan opsi -l diberikan.
  8. -i interface_address. Untuk menentukan alamat antarmuka outgoing yang akan digunakan untuk paket multicast.
  9. -l interval. Untuk menentukan interval antara transmisi berturut-turut. Defaultnya adalah satu detik.
  10. -t ttl. Untuk menentukan waktu IP untuk hidup untuk paket unicast dan multicast. Waktu default untuk hidup untuk paket unicast diatur dengan ndd (menggunakan variabel icmp_def_ttl).