Mengenal Apa Itu Kriptografi

Mengenal Apa Itu Kriptografi

Saat ini internet menjadi bagian penting dari kehidupan. Salah satu kegunaan dari internet adalah untuk mengirimkan informasi termasuk informasi rahasia seperti password, atau bahkan rahasia intelijen. Tapi internet merupakan media yang tidak aman. Kamu tahu kenapa?

Bayangkan jika kamu mengirimkan data. Dalam dunia internet, data dipisahkan sebagai paket dan dikirimkan ke tujuan. Mungkin kamu berpikir bahwa data tersebut akan langsung sampai ke tujuan. Jika kamu berpikir demikian, makan kamu salah. Paket-paket ini akan melalui router yang berbeda, dan data baru dikirim ke tujuan. Pada celah ini, penyusup dapat mengambil keuntungan. Penyusup dapat melihat apa yang kamu kirim. Karena data kamu sederhana dan muda dibaca oleh siapapun.

Kita tidak bisa menghentikan penyusup dan aktivitasnya. Tetapi kita dapat membuat data yang dikirim tidak dapat dibaca oleh penyusup. Untuk tujuan ini, kriptografi diperkenalkan.

Apa Itu Kriptografi?

Julius Caesar yang mengenalkan teknologi kriptografi. Teknologi ini dapat mengubah teks biasa menjadi teks yang tidak terbaca (dikenal sebagai cypher t).

Sama seperti prinsip menyimpan barang dalam loker, untuk membukanya membutuhkan kunci, siapapun yang tidak memiliki kunci tidak dapat membukanya. Memang penjahat dapat membobol loker, namun jika lokernya kuat makan penjahat pun akan kesulitan.

Begitu juga kriptografi kita akan membuat kunci atau Key untuk melindungi data kita, jadi penyusup tidak dapat membaca data kita. Kita harus membuat enkripsi yang sangat kuat, agar penyusup tidak dapat membobolnya.

Terminologi yang Digunakan Pada Kriptografi:

Plain Text: Data asli atau teks biasa.

Cipher Text: Teks atau pesan yang sudah dienkripsi sehingga tidak terbaca.

Enkripsi: Mengubah Plain text menjadi Cipher text.

Deskripsi: Mengubah Cipher text menjadi Plain text.

Metode Enkripsi

Metode enkripsi tradisional

Caeser cipher merupakan metode enkripsi yang diperkenalkan oleh Julius Caesar. Pada metode ini, adalah dengan mengganti alfabet dengan alfabet yang sudah ditentukan.

Misalnya Plain text adalah: Juni
Jika Key yang kita gunakan adalah 3, maka Cipher akan menjadi seperti:

J+3 U+3 N+3 I+3, atau MXQL.

Ada beberapa metode enkrips tradisional lainnya seperti:
– Mono Alphabetic Cipher
– Play Fair Cipher
– Hill Cipher
– PolyAlphabetic Cipher
– Rail Fence Technique.

Sementara untuk enkripsi modern yang digunakan pada sistem komputer saat ini seperti:

– AES (Advanced Encryption Standard)
– DES (Data Encryption Standard)
– RSA (Name of the creators).
– MD5 (Message Digest -5)
– SHA (Secure Hash Algorithm).

Untuk transfer data yang aman di internet, teknologi SSL atau Secure Socket Layer diperkenalkan.