7 Ekstensi Browser Untuk Mengamankan Ketika Berselancar di Web

Saat berselancar di internet, kita bisa saja mengalami serangan tanpa kita sengaja. Selain waspada ketika ingin mengunjungi suatu situs, kita bisa menggunakan ekstensi browser untuk aplikasi browser yang kita pakai untuk mengamankan ketika berselancar di web.

Kali ini saya akan membahas beberapa ekstensi browser (seperti Google Chrome, Mozilla Forefox) untuk mengamankan ketika berselancar di website:

1. Noscript

Noscript merupakan ekstensi eksklusif untuk Firefox, dan sesuai dengan namanya ekstensi browser ini menawarkan fitur untuk memblokir script. Mengkonfigurasi setelah memasangnya mungkin dapat membuat kamu pusing, karena memblokir hampir semua fitur. Setelah mengaktifknyanya, dan menjalankan browser, kegiatan berselancar di web menjadi lebih aman.

2. BehindTheOverlay

Kita semua kesal dengan pop up window yang tiba-tiba saja muncul ketika membuka suatu halaman website, dan yang lebih membuat kesal adalah sulitnya untuk mencari tombol untuk menutup window ini.

BehindTheOverlay merupakan satu tombol yang dapat menutup semua overlay dan pop up yang mengganggu. Tinggal klik tombol tirai, dan kamu akan kembali ke halaman website yang kamu tuju sebenarnya.

Ektensi browser ini tersedia untuk Firefox dan Chrome.

3. HTTPS Everywhere

HTTPS Everywhere, merupakan ektensi yang dibuat oleh Electronic Freedom Foundation bekerja sama dengan TOR project. Ektensi ini memiliki fungsi untuk memaksa semua website dengan HTTPS untuk menggunakannya. Dengan HTTPS transmisi data menjadi lebih aman.

Ekstensi browser ini tersedia untuk Chrome, Firefox dan Opera.

4. uBlock Origin

uBlock Origin, merupakan ekstensi yang dapat kita gunakan untuk memblokir iklan atau script, selain itu juga dapat memblokir domain, tracker, cookies dan images.

Ekstensi ini tersedia untuk Chrome, Firefox, Microsoft Edge dan Opera.

5. Adblock Plus

Saya pribadi mengelola beberapa blog dan situs yang semuanya memiliki iklan, karena iklan ini merupakan sumber pendapatan kita. Namun iklan-iklan ini harus ditempatkan di tempat yang sesuai yang tidak mengganggu pengunjung, apalagi jika sampai menghalangi konten yang ingin pengunjung baca. Dan terkadang yang lebih jahat, iklan ini dapat mengarahkan ke situs yang jahat atau berisi script yang dapat menginfeksi komputer kamu.

Untuk melindungi dari iklan yang seperti ini, maka kamu harus memasang ekstensi browser yang bernama Adblock Plus. Ektensi ini tersedia untuk browser seperti Firefox, Chrome, Opera dan juga Microsoft Edge.

6. Unshorten.link

Sebenarnya banyak sekali link yang dipendekan (unshorten link) itu aman, misalnya saja seperti yang digunakan oleh Twitter. Namun tidak sedikit link yang sengaja dipendekan untuk menyembunyikan situs tujuan yang berbahaya. Kita mesti ekstra hati-hati untuk link yang dipendekan seperti ini, karena kita tidak bisa melihat situs tujuannya.

Ekstensi yang bernama Unshorten.link untuk Chrome dapat menjadi solusinya. Setiap kali kamu mengklik link yang telah dipendekan seperti bit.ly, t.co dan lainnya, akan memberikan petunjuk kemana kamu akan diarahkan dan juga memberitahu apakah link tujuan merupakan domain yang telah dikenal sebagai tidak aman.

Atau jika kamu tidak memakai Chrome, kamu bisa mengunjungi website seperti Unshorten.it, untuk melihat URL tujuan dari link yang telah dipendekan.

7. Hotspot Shield

Privasi menjadi masalah siapa saja yang menggunakan internet, salah satu cara untuk mengamankannya adalah dengan menggunakan VPN. Dan ektensi yang bernama Hotspot Shield menyediakan layanan dasar VPN gratis.

Dengan VPN, memungkinkan untuk mengubah rute traffic kamu sehingga dapat menghindari untuk dilacak. Hotspot Shield tersedia untuk Chrome dan Firefox, dan juga ada aplikasinya yang tersedia untuk smartphone Android, iPhone dan Windows Phone, dan juga untuk komputer Windows dan Mac.

 

 

Jakartawebhosting.com menyediakan layanan Web Hosting, dengan kecepatan dan stabilitas pusat data dan server yang baik, up time server 99,9%, team support yang siap membantu 24 jam dan biaya langganan yang menarik.