Fitur Baru Terbaik Android 8.0 Oreo

Fitur Baru Terbaik Android 8.0 Oreo

Google akhirnya mengumumkan secara resmi versi terbaru dari Android dan mengungkap informasi lengkapnya. Versi Android 8.0 ini resmi dipanggil dengan nama ‘Oreo.’

Google sudah mulai merilis update Android Oreo untuk beberapa perangkatnya seperti:

  • Nexus 6P
  • Nexus 5X
  • Google Pixel
  • Google Pixel XL
  • Nexus Player
  • Pixel C.

Dan untuk perangkat Android lainnya, tentunya harus menunggu update resmi Android 8.0 dari masing-masing pabrikan. Beberapa pabrikan yang siap untuk merilis update Android 8.0 Oreo untuk beberapa smartphone buatannya diantaranya adalah HMD, Huawei, HTC, Kyocera, LG, Motorola, Samsung, Sharp dan Sony.

Lalu fitur-fitur baru apa saja yang dibawa oleh Android Oreo ini? Berikut ini adalah fitur baru terbaik yang dibawa oleh Android 8.0 Oreo.

1. Fluid Experiences

Google menghadirkan satu set fitur baru untuk Android O yang dipanggil dengan ‘Fluid Expriences.’ Hal ini termasuk Picture in Picture, Notification Dots, Autofill dan Smart Text Selection.

Picture in Picture

Di Oreo, Google membawa mode Picture in Picture, dimana dengan fitur ini pengguna dapat membuka aplikasi baru di foreground, sambil tetap menonton video YouTube di window yang lebih kecil.

Notification Dots

Dengan fitur ini, pengguna dapat melihat notifikasi yang pending (selain dari notification bar) langsung dari icon aplikasi di tampilan Home. Fitur ini dapat digunakan pada Pixel Launcher (entah apakah fitur ini bisa digunakan pada aplikasi drawer lainnya atau tidak), dengan menekan lama icon aplikasi pengguna dapat melihat notifikasi terbaru dari aplikasi tersebut.

Autofill Passwords

Chrome telah lama menambahkan fitur autofill untuk secara otomatis mengisi username dan password dan form data lainnya. Dan sekarang Google menghadirkan fitur ini di Android Oreo, untuk secara otomatis mengisi form pada aplikasi Android lainnya. Sebagai contoh, jika pengguna pernah login Twitter atau Facebook di Chrome dan menyimpannya data loginnya, kemudian pengguna memasang aplikasi Twitter dan Facebook di perangkat Android 8.0 Oreo, ketika login maka secara otomatis data login (username dan password) akan terisi secara otomatis.

Smart Text Selection

Pengguna Android pastinya sering meng-copy paste beberapa informasi untuk mengirim pesan atau email, seperti meng-copy alamat, nomor telepon, atau apapun.

Di Android O, Google meningkatkan kemampuannya melalui Smart Text Selection yang menawarkan aksi yang lebih banyak ketika pengguna meng-higlight teks. Seperti ketika meng-higlight nomor telepon ada pilihan untuk menelpon, atau meng-highlight alamat ada pilihan untuk membuka maps. Selain itu ketika men-double tap nama jalan secara otomatis dapat meng-higlight keseluruhan alamat.

2. Vitals: Lebih Aman, Lebih Cepat dan Lebih Hemat Baterai

Dengan rilis besar setiap satu tahun, Google bekerja keras fokus untuk meningkatkan kinerja Android secara keseluruhan. Membuat sistem operasi mobile ini lebih efisien dalam kinerja dan juga penggunaan baterai. Pada Android Oreo, Google menyebutkan optimasi ini sebagai ‘Vitals.’

Untuk memaksimalkan keamanan Google memperkenalkan Google Play Protect, untuk melindungi pengguna dari memasang aplikasi malware. Google juga mengoptimalkan waktu boot dan mengoptimalkan kinerja aplikasi, serta secara lebih pintar membatasi aktivitas di background untuk menghemat baterai.

3. Visual Positioning Service: Augmented Realty

Google memperkenalkan fitur baru yang bernama Visual Positioning Service untuk Android O. Di mana fitur ini menggunakan AR (augmented realty) untuk membantu pengguna menemukan jalan ketika mereka berada di dalam ruangan, seperti GPS khusus untuk di dalam ruangan (mall, hotel, atau gedung indoor lainnya).

Dalam demonya, misalnya pengguna sedang berada di mall yang besar untuk mencari suatu item. Dengan VPS yang menggunakan kamera smartphone untuk memfoto item yang diinginkan, kemudian akan mencarinya dalam database layout mall dan selanjutnya menyediakan arah menuju toko yang menjual item tersebut.

4. Google Lens

Memang secara teknis bukan fitur baru, namun Google meningkatkan kemampuannya pada Android Oreo.

Dengan Google Lens, pengguna dapat menggunakan kamera perangkat Android untuk mengerti apa yang sedang mereka lihat. Misalnya, Google Lens dapat membaca papan petunjuk arah dalam bahasa asing dan menyediakan terjemahannya, mengidentifikasi jenis tumbuhan atau bunga, dan bahkan bisa langsung menambahkan event ke Google Calender ketika mengambil gambar dari billboard acara konser misalnya.

Untuk awalnya, Google Lens baru dapat bekerja dengan Assistant dan Photos, namun Google berjanji juga akan mengintegrasikan dengan aplikasi lainnya.

5. Fitur Baru Lain Android 8.0 Oreo

Android Oreo juga membawa beberapa fitur baru lainnya diantaranya:

  • Accessibility Button: Membawa Accessibility Options ke panel Quick Settings, membuat lebih mudah untuk mengakses fitur ini.
  • Accessibility Volume: Mengoptimalkan pengalaman audio untuk pengguna disabilitas.
  • Ambient Screen: Notifikasi baru kini akan di-highlight dengan font yang lebih besar.
  • Background Execution Limits: Mengontrol bagaimana aplikasi dapat berjalan di background.
  • Background Location Limits: Mengurangi jumlah update lokasi di background. Untuk kinerja dan baterai yang lebih baik.
  • Deep Color: Aplikasi dapat mengakses konten visual yang lebih kaya dan warna yang lebih vibrant.
  • Downloadable Fonts
  • Installation of Unknown Apps: Pengguna akan mengijinkan aplikasi APK (sideload) per-source basis.
  • Integrated Printing Support: Android Oreo kini mendukung penuh printer Mopria-certified, yang berarti mendukung 97% printer yang ada di dunia.

 

 

Jakartawebhosting.com menyediakan layanan Web Hosting, dengan kecepatan dan stabilitas pusat data dan server yang baik, up time server 99,9%, team support yang siap membantu 24 jam dan biaya langganan yang menarik.