5 Tips Menjaga Privasi di Twitter

5 Tips Menjaga Privasi di Twitter

Tidak bisa dipungkiri, Twitter merupakan salah satu platform media sosial yang paling banyak digunakan termasuk di Indonesia. Karena kepopularannya ini Twitter sering dijadikan alat untuk menyebarkan malware dan juga data penggunannya menjadi incaran hacker.

Dimana baru-baru ini ada lebih dari 80.000 bots sex-crazed yang membanjiri layanan Twitter dengan link spam ke situs porno. Selain itu sebelumnya dikabarkan bahwa lebih dari 32 juta password akun pengguna Twitter dibocorkan oleh hacker. Akun media sosial memang menjadi target yang menguntungkan bagi para hacker.

Untuk itu saya menyarankan agar kamu pengguna Twitter mengikuti lima langkah sederhana di bawah ini untuk menjaga privasi di Twitter dan menjadikan akun kamu lebih aman.

1. Jangan Pernah Percaya Semua Link

Ketika mengklik link yang di-share di Twitter, kamu harus berpikir dua kali sebelum mengetiknya. Maraknya berita hoax atau berita palsu dimanfaatkan juga oleh hacker untuk menyebar link berbahaya, yang akan menggiring kamu ke malware dan bahkan ransomware. Kamu harus sangat hati-hati ketika melihat link berita palsu, biasanya dibuat dengan judul yang heboh sehingga membuat kamu penasaran.

Sebelum membuka link baik di Twitter, ataupun media sosial lainnya terutama link yang dipendekkan kita sulit untuk mengetahui sumbernya. Manfaatkan situs seperti CheckShortUrl untuk membuka link asli dari link yang dipendekan, dan akan menunjukan informasi seperti pemilik situs dan kamu juga bisa mengecek keamanannya denga mengklik Check if safe on dari salah satu provider.

2. Pikir Dua Kali Sebelum Mengaktifkan Informasi Lokasi

Menambahkan lokasi kamu, kota atau bahkan garis lintang dan bujur, pada tweet dapat menjadi hal yang berbahaya. Untuk alasan menjaga privasi di Twitter, sebaiknya kamu berpikir dua kali sebelum mengaktifkannya. Jika kamu men-tweet dari rumah saran saya lebih baik kamu tidak usah menyertakan lokasi dimana kamu berada.

Untuk memastikan kamu tidak mengaktifkannya. Dari halaman Twitter, pilih menu Profile and settings (ikon profile di kanan atas). Selanjutnya pilih menu Privacy and safety, pada pilihan Tweet location jangan dicentang untuk menonaktifkan lokasi pada tweet kamu.

3. Jangan Lupakan Pengaturan Keamanan

Twitter menyediakan dua pilihan pengaturan keamanan untuk membantu melindungi akun kamu: log-in verification dan password reset.

Log-in verification merupakan two-factor authentication, artinya untuk login kamu dilakukan dengan dua kali proses autentikasi. Pertama dengan memasukan password kamu, keduanya memasukan kode yang dikirim lewat SMS. Dengan fitur ini tentunya orang lain tidak bisa sembarang login ke akun kamu, meski mereka tahu password kamu.

Untuk password reset, Twitter mengharuskan untuk memverifikasi kamu dengan memasukan informasi tambahan seperti no telepon, sebelum mengirimkan permintaan untuk menyetel ulang password kamu.

Kedua fitur ini bisa kamu aktifkan melalui Menu Settings and Privacy-> Accoundt-> Security.

4. Hati-Hati Dengan Aplikasi Pihak Ketiga

Ketika menggunakan Twitter, mungkin kamu pernah ketemu dengan suatu link yang menarik seperti aplikasi, game atau survei yang kemudian ketika mengkliknya memunculkan menu install third-party application. Sebaiknya kamu harus berhati-hati karena aplikasi pihak ketiga ini bisa berbahaya, karena dapat memberikan mereka akses untuk membaca tweet kamu, melihat siapa yang kamu follow, men-tweet tanpa sepengetahuan kamu, mengakses direct messages hingga melihat alamat email.

Untuk menjaga privasi di Twitter sebaiknya kamu melihat aplikasi pihak ketiga apa saja yang ada di akun kamu dan menghapusnya jika memang kamu sudah tidak kamu menggunakannya. Cara melihatnya, masuk ke Profile and Settings -> Apps.

5. Jangan Tweet Sembarangan

Jika akun kamu bersifat publik, siapa saja dapat mem-follow kamu, membaca tweet kamu dan berinteraksi dengan kamu. Jika demikian sebaiknya kamu hati-hati dalam melakukan tweet, jaga tulisan kamu jangan memposting hal-hal yang dapat menyinggung orang lain atau menuliskan sesuatu yang sensitif seperti masalah SARA. Jangan juga men-tweet informasi pribadi apapun. Kita tidak pernah tahu bagaimana seseorang bisa menggunakan tweet kamu untuk melawan kamu di masa depan. Atau kamu ubah saja akun kamu menjadi private.

 

Jakartawebhosting.com menyediakan layanan Web Hosting, dengan kecepatan dan stabilitas pusat data dan server yang baik, up time server 99,9%, team support yang siap membantu 24 jam dan biaya langganan yang menarik.