Ancaman Keamanan di Android Meningkat 40 Persen

Ancaman Keamanan di Android Meningkat 40 Persen

Menurut penelitian terbaru yang dilakukan oleh Avast, salah satu perusahaan keamanan siber terkemuka di dunia, ancaman serangan siber di perangkat smartphone dan tablet Android meningkat 40%, dibandingkan pada kuartal yang sama di tahun 2016. Atau jumlah serangan yang terjadi antara 1,2 – 1,7 juta serangan setiap bulannya.

Ancaman keamanan di perangkat mobile semakin meningkat karena strategi hacker menjadi lebih agresif dan berbahaya, dan apa yang paling dipertaruhkan paling banyak adalah data personal dan privasi pengguna.

Peneliti di Avast menemukan sebanyak 788 varian baru dari virus setiap bulannya, atau meningkat sebesar 22,2% dibandingkan dengan tahun lalu pada kuartal yang sama.

Menurut laporan yang baru dirilis oleh Avast, penelitinya berhasil mengidentifikasi tiga ancaman keamanan teratas yang menargetkan pengguna Android. Ketiga adalah rooter, downloader dan fake apps.

Rooter, ada sekitar 22,8% ancaman keamanan yang mengincar penggunaa Android. Serangan ini ditargetkan kepada perangkat yang sudah di-root dan mencari celah keamanan di perangkat Android agar dapat memata-matai pengguna dan mencuri informasi penting pengguna. Mereka meminta akses root, atau memperolehnya melalui exploit, agar dapat mengontrol root dan melihat ke dalam di user data.

Downloader, ada sekitar 22,7% ancaman keamanan yang mengincar pengguna Android. Serangan berbasis spam ini menggunakan social engineering untuk mengelabui pengguna untuk mend-download aplikasi berbahaya. Hal ini dapat membuat layar perangkat Android penuh dengan iklan spam, yang jika diklik dapat membuka dan langsung menuju ke link website berbahaya.

Fake apps atau aplikasi palsu juga berbasis spam, dan ancaman keamanannya sekitar 6,97%. Aplikasi palsu ini memiliki tampilan yang dibuat serupa dengan aplikasi asli untuk mengelabui pengguna. Tujuan utama dari aplikasi ini agar lebih banyak pengguna yang men-download aplikasi ini dan menampilkan iklan agar si pembuatnya mendapatkan banyak uang.

Dengan semakin meningkatnya jumlah serangan siber yang menargetkan perangkat Android, kita harus selalu waspada. Bagaimana cara mengamankan smartphone Android? Bisa dilihat pada post sebelumnya.

 

Jakartawebhosting.com menyediakan layanan Web Hosting, dengan kecepatan dan stabilitas pusat data dan server yang baik, up time server 99,9%, team support yang siap membantu 24 jam dan biaya langganan yang menarik.