3 Langkah Mengamankan Data di Komputer Apple Mac

3 Langkah Mengamankan Data di Komputer Apple Mac

Frekuensi akun media sosial di hack, platform layanan cloud terancam kebocoran data, dan data jatuh ke tangan orang yang salah semakin meningkat. Apapun perangkat yang kamu gunakan, ketika terhubung ke internet kamu menjadi terancam termasuk pengguna komputer Apple Mac. Maka pada post kali ini saya akan memberitahukan 3 langkah mengamankan data yang bisa lakukan oleh pengguna komputer Apple Mac.

Berikut ini adalah langkah-langkah mengamankan data di komputer Apple Mac.

1. Mengaktifkan Enkripsi FileVault

Mengenkripsi hard drive Mac dapat melindungi dari seseorang yang mencoba mengakses data yang ada di dalamnya. Teknologi enkripsi Apple FileVault pada dasarnya akan mengacak data pada hard drive, yang membuat file seperti foto, video, dokumen, dan file lainnya menjadi file yang tidak berguna bagi orang lain, karena mereka memang tidak bisa membukanya. Yang bisa mengakses data hanya pengguna yang memiliki decryption key atau password sistem.

Untuk mengaktifkan FileVault untuk mengamankan data di komputer Apple Mac. Buka System Preferences, pilih Security & Privacy, pilih tab FileVault, dan klik tombol Turn On FileVault. Untuk proses enkripsinya membutuhkan waktu berjam-jam, setelah terenkripsi pengguna tetap dapat menggunakan komputer Mac-nya seperti biasa seperti belum melakukan enkripsi.

2. Enkripsi Semua Backup

MacOS menawarkan backup ke hard drive eksternal dengan menggunakan Time Machine, dan kabar baiknya tersedia pilihan untuk mengenkripsi file backup-nya.

  • Pilih Apple menu-> System Preferences, kemudian klik Time Machine.
  • Klik Select Backup Disk, Select Disk atau Add or Remove Backup Disk.
  • Pilih disk dari daftar disk yang tersedia. Ingat Time Machine tidak dapat mem-backup ke disk dengan format untuk Windows, jadi kamu perlu untuk memformat ulang.
  • Untuk langkah mengamankan data, pilih “Encrypt backups.” Jika memilih encrypt kamu harus membuat password.

3. Mengaktifkan Multi-factor Authentication Untuk Semua Akun

Semua akun kamu, termasuk akun iCloud, media sosial, ataupun layanan web lain harus mengaktifkan multi-factor authentication. Dengan fitur ini setelah memasukan username dan password, kamu juga harus memasukan kode yang dikirimkan ke nomor telepon, email, atau melalui aplikasi authenticator. Semua layanan web besar dari Google, Microsoft, Apple, Facebook, Twitter, dan lainnya sudah memiliki fitur multi-factor authentication.

 

Jakartawebhosting.com menyediakan layanan Web Hosting, dengan kecepatan dan stabilitas pusat data dan server yang baik, up time server 99,9%, team support yang siap membantu 24 jam dan biaya langganan yang menarik.