5 Cara Mempercepat Koneksi Internet dengan Command Prompt

5 Cara Mempercepat Koneksi Internet dengan Command Prompt

Koneksi internet yang terasa semakin melambat sering kita rasakan. Masalah ini bisa terjadi karena ada masalah pada perangkat PC Windows yang kita gunakan atau dengan ISP (penyedia layanan internet) yang kita gunakan.

Koneksi internet yng melambat bisa disebabkan oleh masalah yang terkait dengan DNS, dan TCP/IP, yang pada komputer Windows bisa diperbaiki melalui tool Windows Prompt. Berikut ini adalah beberapa perintah yang bisa kamu gunakan untuk mempercepat koneksi internet dengan Command Prompt.

Dan perlu diingat untuk menggunakan perintah di bawah ini kamu harus menggunakan Command Prompt dengan hak administrator.

1. Memperbaharui Alamat IP

Banyak masalah yang bisa mempengaruhi alamat IP kamu dan membuat koneksi internat kamu jadi melambat. Bisa saja terjadi IP conflict atau masalah di server DHCP. Untuk memperbaiki masalah ini bisa dengan mereset alamat IP.

Ada dua perintah Command Prompt yang bisa digunakan untuk memperbaharui alamat IP untuk mempercepat koneksi internet.

Pertama ketik perintah:

ipconfig /release

Selanjutnya ketik:

ipconfig /renew

2. Flush DNS Resolver Cache

Sistem Windows menyimpan daftar hostname dan alamat IP yang pernah kita kunjungi di dalam DNS resolver cache, hal ini membuat semakin mudah untuk terhubung ke website yang sebelumnya kita pernah akses.

Namun, bisa terjadi masalah file DNS resolver cache rusak yang menyebabkan koneksi ke suatu website menjadi lebih lama atau tidak bisa sama sekali. Dan hal ini bisa menyebabkan koneksite internet melambat.

Jika kamu mengalami hal ini kamu bisa memperbaikinya dengan Flush DNS melalui Command Prompt. Caranya tinggal mengetik perintah di bawah ini:

ipconfig /flushdns

3. Reset Winsock

Windows menggunakan multiple network socket untuk bertukar informasi, dan program dapat memasang LSP (layered service provider) untuk mengelola traffic dan mengarahkan traffic ke arah yang benar. Namun, jika ada file yang rusak di socket atau LSP dapat menyebabkan koneksi menjadi lambat.

Untuk mempercepat koneksi internet, bisa dengan me-reste Windows network socket ke default. Untuk melakukannya, ketik perintah di bawah ini pada Command Prompt, kemudia restart PC kamu.

netsh winsock reset

4. Setting Netsh

Perintah Netsh memungkinkan kamu untuk mengkonfigurasi berbagai setting network yang dapat secara langsung mempercepat koneksi di internet. Jika kamu merasa koneksi internet semakin melambat, kamu bisa mencoba mengubah konfigurasi network dengan perintah di bawah ini:

netsh int tcp set global chimney=enabled
netsh int tcp set global autotuninglevel=normal
netsh int tcp set supplemental
netsh int tcp set global dca=enabled
netsh int tcp set global netdma=enabled
netsh int tcp set global ecncapability=enabled
netsh int tcp set global congestionprovider=ctcp (Khusus Windows 7)

5. Mempercepat Streaming

Jika kamu merasa streaming video di website seperti misalnya YouTube menjadi lebih lambat, kemungkinan koneksi kamu di throttle oleh IPS. ISP sering kali men-throttle koneksi streaming untuk menghemat bandwidth. Kabar bagusnya ada perintah sederhana untuk memperbaiki masalah ini. Ketik perintah di bawah ini:

netsh advfirewall firewall add rule name="StopThrottling" dir=in action=block remoteip=173.194.55.0/24,206.111.0.0/16 enable=yes

 

 

Jakartawebhosting.com menyediakan layanan Web Hosting, dengan kecepatan dan stabilitas pusat data dan server yang baik, up time server 99,9%, team support yang siap membantu 24 jam dan biaya langganan yang menarik.