Gampangnya Membuat Aplikasi Mobile dengan App Inventor

Gampangnya Membuat Aplikasi Mobile dengan App Inventor

Pada post kali ini saya akan membahas mengenai App Inventor yang dikembangkan oleh MIT atau Massachusetts Institute of Technology.

Apa Itu App Inventor?

App Inventor merupakan platform visual programming yang memungkinkan siapa saja, bahkan anak-anak, untuk membuat aplikasi yang berfungsi untuk smartphone dan juga tablet.

App Inventor menyediakan balok-balok bongkar pasang seperti LEGO, dimana kita dapat membangun aplikasi dengan men-drag & drop balok-balok yang tersedia. Tool ini juga dapat digunakan untuk membangun aplikasi yang kompleks dengan waktu pengembangan yang lebih sebentar dibandingkan menggunakan lingkungan bahasa pemrograman yang biasa.

MIT App Inventor memiliki tujuan untuk mendemokratisasi pengembangan aplikasi dengan memberdayakan semua orang, mulai dari anak kecil, agar nantinya dapat beralih dari konsumen teknologi menjadi pencipta teknologi.

Platform ini dikembangkan oleh tim kecil yang terdiri dari staf dan mahasiswa CSAIL, yang dipimpin oleh Profesor Hal Abelson. Platform yang bisa digunakan gratis secara online ini sudah memiliki lebih dari 6 juta pengguna yang terdaftar. Dengan lebih dari 400.000 pengguna aktif yang unik dari 195 negara, platform ini telah membantu membuat hampir menembus angka 22 juta.

Apa Saja Yang Bisa Dibuat dengan MIT App Inventor?

Platform ini bisa digunakan oleh siapa saja untuk membangun perangkat lunak seperti:

  • Game
  • Software edukasi
  • Aplikasi untuk mengontrol robot
  • Aplikasi kompleks
  • Aplikasi web
  • Dan masih banyak aplikasi lainnya.

Bisa dibilang platform ini cocok untuk programmer hingga anak-anak yang ingin belajar membangun aplikasi, serta penggunaannya sangat mudah. Dan kabar baiknya siapa saja dapat mendaftar tanpa dipungut biaya.

 

Jakartawebhosting.com menyediakan layanan Web Hosting, dengan kecepatan dan stabilitas pusat data dan server yang baik, up time server 99,9%, team support yang siap membantu 24 jam dan biaya langganan yang menarik.