10 Tips Cara Memasarkan Situs Blog untuk Pemula

10 tips cara memasarkan situs blog untuk pemula

10 Tips Cara Memasarkan Situs Blog untuk Pemula

Blogger pemula mungkin akan menemukan banyak masalah dan kesulitan untuk mendapatkan trafik tinggi. Situs Blog yang masih ‘seumur jagung’ tentu tidak bisa mendapatkan trafik tinggi dengan mudah. Dunia blogging bukanlah dunia yang sepi. Selain blog yang Anda miliki, masih banyak jutaan blog lain di internet. Untuk memenangkan persaingan dalam dunia blogging ini (terutama mendapatkan trafik tinggi), Anda harus lebih aktif dalam memasarkan blog Anda. Ibarat sebuah produk atau jasa, blog tidak akan dilirik oleh ‘konsumen’ jika tidak dikenal keberadaannya. Inilah 10 tips mudah untuk memasarkan blog pagi pemula.

10 tips cara memasarkan situs blog untuk pemula
10 tips cara memasarkan situs blog untuk pemula

1. Tinggalkan Komentar di Blog Lain

Ketika merasa jenuh bekerja untuk blog Anda, luangkan sedikit waktu untuk mengunjungi blog lain. Jangan lupa untuk meninggalkan komentar di blog tersebut dan tinggalkan backlink yang menuju blog Anda.

2. Bertukar Link

Cara ini adalah salah satu cara paling efektif bagi blogger. Untuk mendapatkan trafik dari blog hosting lain, Anda perlu bertukar link dengan pemilik blog lainnya. Cara ini bisa menjadi hubungan yang saling menguntungkan bagi sesama blogger.

3. Social Media

Di zaman serba modern ini, siapa tidak kenal Facebook atau Twitter? Gunakanlah situs jejaring sosial tersebut untuk menjaring trafik yang bisa meningkatkan peringkat blog Anda di mesin pencari. Setiap kali Anda menulis artikel baru di blog, Anda bisa mempromosikannya melalui social media tersebut.

4. Forum

Anda juga bisa mencari backlink dari forum-forum besar dengan trafik yang tinggi. Anda bisa membuat thread khusus yang tentunya berhubungan dengan topik artikel dalam blog Anda.

5. Layanan Iklan

Cara ini mudah, tetapi biaya yang dikeluarkan bisa sangat mahal. Untuk mendapatkan trafik yang tinggi, Anda bisa memasang iklan di Google Adword atau layanan iklan lokal lainnya. Pengunjung bisa menemukan blog Anda saat mereka mencari topik dengan keyword tertentu di Google.

 

6. Jasa SEO

Cara ini adalah solusi tepat bagi blogger pemula yang belum begitu memahami konsep SEO yang benar. Namun, Anda harus rela membayar mahal untuk mendapatkan jasa SEO ini. Harganya bisa mencapai ratusan ribu dengan jaminan blog bisa menempati peringkat pertama di Google dengan kata kunci tertentu.

7. Fans Page

Buatlah fans page khusus yang mengarahkan pengguna Facebook ke blog Anda. Di page Facebook ini, Anda bisa mempromosikan setiap artikel yang Anda tulis. Selain itu, pengguna Facebook juga bisa mengetahui setiap update terbaru dari blog Anda.

8. Promosikan Langsung ke Teman Anda

Cara ini mungkin agak merepotkan. Ketika Anda menghabiskan waktu untuk mengunjungi Facebook, ajaklah teman Anda untuk melihat blog melalui fitur chatting tersebut.

9. Tulislah E-book

Jika Anda mempunyai bakat menulis dan ingin menekuni dunia blogging dengan lebih serius, tulislah e-book untuk mempromosikan blog. Melalui e-book tersebut, Anda bisa berbagi ilmu ke banyak orang sekaligus. Namun, e-book tersebut harus sesuai dengan konten blog Anda. Jangan lupa untuk mencantumkan link dalam e-book tersebut.

10. Tulislah Artikel Berkualitas

Ini adalah cara terbaik untuk mempromosikan blog Anda. Jika Anda menulis artikel yang benar-benar berkualitas untuk blog Anda, pengunjung secara otomatis akan rutin mengunjungi blog setiap hari. Mereka pun juga tidak segan-segan untuk mempromosikan blog Anda ke orang lain. Ciri-ciri artikel berkualitas untuk sebuah blog adalah informatif, ringkas, fresh, mudah dipahami, dan tentunya hasil karya sendiri (bukan plagiat)

Comments are closed.