11 Tips Blogging Pemula

Blogging Pemula

Bagi para blogging pemula, dunia blogging mungkin terkesan rumit dan sulit dipelajari. Namun, blogging bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan dan bisa menghasilkan uang selama ditekuni dengan sungguh-sungguh. Meskipun kamu bejalar blogging dari nol sekalipun, kamu bisa mempelajarinya dengan cepat karena blogging memang dirancang untuk mempermudah penggunanya dalam berbagi informasi atau pengetahuan di internet. Ada 10 tips menarik yang bisa kamu praktikkan dalam dunia blogging ini.

Tips Menulis Konten Blogging Pemula

Konten adalah jantung dari blog. Tidak bisa dipungkiri bahwa blog berkualitas pasti memiliki konten berkualitas. Orang berkunjung ke suatu blog karena mereka ingin membaca konten di blog tersebut dan mendapatkan informasi berguna darinya. Inilah tips praktis untuk menulis konten menarik dan bermanfaat.

1. Konten Blog Harus Original

Tulislah artikel yang menarik, unik, dan belum pernah dimuat di blog lain. Artikel original yang benar-benar ditulis 100% dari idemu adalah artikel berkualitas. Jangan pernah main ‘copas’ dengan hasil karya orang lain. Tindakan ini bisa merugikan orang lain dan blog bisa ‘disingkirkan’ dari mesin pencari. Meskipun ada software spinner untuk membuat artikel ‘unik’ dari artikel yang sudah ada, hasilnya tetap tidak benar-benar unik. Artikel yang diterjemahkan dengan mesin penerjemah otomatis juga tidak terjamin kualitasnya. Maka dari itu, sebagai blogging pemula harus buat konten seoriginal mungkin.

2. Tulislah Artikel dengan Bahasa Singkat, Jelas, dan Ringkas

Kalian para blogging pemula, jangan terlalu bertele-tele ketika menulis artikel. Mungkin kamu perlu beberapa kalimat sebagai pembukaan, tetapi kamu harus lebih fokus ke inti artikel tersebut. Jangan membuang kata hanya untuk mengulang-ulang informasi yang sudah dibahas sebelumnya.

3. Tulislah Artikel yang Lebih ‘Tahan Lama’

Jika kamu menulis artikel berita, informasinya menjadi tidak menarik lagi setelah 1 minggu atau 1 bulan berlalu. Pilihlah artikel yang isinya lebih ‘tahan lama’ dan tidak terlalu terikat waktu.Kamu bisa menulis tips-tips mudah, tutorial, atau informasi ringan lainnya.

4. Tidak Bisa Menulis Sendiri? Cari Jasa Penulis

Blogger pemula mungkin akan mengalami kesulitan untuk menulis artikel yang baik. Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan jasa penulis yang bisa ditemukan dengan mudah di internet.

Memoles Blog Menjadi Lebih Menarik

Artikel bukan satu-satunya daya tarik blog. Desain blog harus menarik untuk mendapatkan lebih banyak trafik. Inilah tips mudah untuk memoles blogmu.

5. Pilih Warna dan Template yang Sesuai

Ketika kamu membuat blog baru, ada opsi untuk memilih template dan warna blog tersebut. Pilihlah paduan warna dan template yang sesuai (tentunya yang bisa mewakili konten dari blog).

6. Gunakan Gadget/Widget

Blogspot dan WordPress menyediakan beberapa widget menarik untuk mempercantik tampilan blog. Setiap gadget mempunyai fungsi tersendiri mulai dari menampilkan teks/gambar, indeks artikel, atau jumlah pengunjung.

7. Manfaatkan Template Designer

Blogspot menyediakan layanan template designer yang bisa kamu gunakan untuk mengedit template yang sudah ada. Kamu bisa mengubah warna, gambar background, atau font teks di blogmu.

8. Gunakanlah Jasa Webhosting Berkualitas

Kualitas tidak akan pernah bisa ditawar. Konsumen pun mulai enggan untuk menukar kualitas dengan harga murah. Pilihlah webhosting yang bisa memberi jaminan kualitas untuk mendukung blog Anda. Dalam kondisi apapun, blog Anda harus bisa diakses dengan cepat dan mudah..

Meningkatkan Trafik Blog

Tidak ada gunanya kamu nge-blog jika blogmu tidak mempunyai trafik/pengunjung. Kamu bisa menerapkan berbagai tips berikut untuk meningkatkan trafik blog.

9. Tulislah Artikel Berkualitas, Bermanfaat, dan Informatif

Tulislah artikel berkualitas seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Blog dengan artikel berkualitas pasti akan mendapatkan trafik yang layak.

10. Berkomentar di Blog Lain

Mungkin blogger pemula tidak bisa mendapatkan backlink dengan mudah. Kamu bisa mendapatkannya dengan meninggalkan komentar di blog hosting lain.

11. Gunakan Social Media

Cara paling mudah untuk mencari backlink adalah social media seperti Facebook atau Twitter. Buatlah page di FB untuk mempromosikan blogmu.

Apabila Anda ingin blogging pemula silahkan gunakan https://jakartawebhosting.com/

Comments are closed.