Pengaruh External Link Terhadap SEO

manfaat blogging

Apakah kalian tau tentang external link? External link adalah sebuah tautan yang kita pasang pada sebuah halaman web kita yang menuju ke domain ataupun blog lain selain blog kita. Ini berkebalikan dengan internal link yang hanya menuju halaman lain dalam domain ataupun blog yang sama atau blog kita sendiri.

Kemudian banyak yang mempertanyakan apakah external link berpengaruh pada SEO, lalu apakah pengaruhnya negatif atau positif terhadap web kita? External link dapat mengurangi pagerank web kita? Perlu diketahui bahwa google memiliki aturan sendiri, bahwa external link akan memberikan link juice atau poin penambah Google pagerank, kepada halaman yang dituju, jika external link tersebut adalah dofollow.

Hanya saja yang sering dikonsepkan salah oleh blogger Indonesia, adalah external link ini akan secara langsung mengurangi poin Google pagerank dari halaman tempatnya terpasang dan jika itu benar, maka pengaruhnya pada SEO akan sangat jelas negatif adanya. Sebelum kita memutuskan bahwa external link sebagai pengaruh buruk, ada baiknya kita lihat dulu contoh penjelasan sebagai berikut.

Baca juga: Tau Gak? Blogging itu Bermanfaat Untuk Orang Lain Loh!

Anggap saja kita mempunyai sebuah homepage yang memiliki poin PR 6, dan kita memberi Internal link menuju dua halaman artikel yaitu A dan B, maka berapakah poin yang didapatkan masing-masing halaman artikel? Sudah jelas poinnya adalah 3. Jadi kalau halaman A dan B, masing-masing mendapatkan 3 poin, apakah sekarang halaman homepage akan berkurang Google pageranknya? Tentunya tidak pagerank homepage kita tetap berjumlah 6. Sekarang pertanyaannya apa yang akan terjadi jika pada homepage tersebut dipasangkan 4 External link? Apakah pagerank dari homepage akan berkurang? Tetap saja pagerank homepage tidak akan berkurang, yang menjadi masalah sekarang adalah pagerank yang diberikan ke halaman artikel yang akan berkurang,, sehingga setiap halaman artikel hanya akan menerima 1 poin saja. Melihat contoh tersebut kita dapat menyimpulkan bahwa dengan menanam Internal atau External link di dalam blog kita, Page rank dari homepage kita tetap saja bernilai sama.
Lalu kondisi seperti apa yang dapat mempengaruhi berkurangnya pagerank kita? Kasus yang akan terjadi apabila ternyata sebagian dari pagerank yang ada pada homepage berasal dari halaman artikel juga. Itu akan membuat terjadinya loop yang akan terus mengurangi pagerank homepage karena adanya external link. Belum paham? Bayangkan saja jika external link membuat poin ke artikel berkurang. Poin artikel yang adalah salah satu penyumbang pagerank homepage menjadi kecil, maka tentunya pagerank homepage juga ikut mengecil. Pagerank homepage yang mengecil ini masih dibagi lagi ke external link, dan itu berarti poin halaman artikel menjadi lebih kecil lagi. Jika ini diputar lagi ke homepage, kita akan tahu cerita selanjutnya seperti apa.
Mungkin masih ada dari sebagian teman teman yang belum mengerti, tapi jangan pernah kita takut untuk mempraktekannya karena dengan mencobanya langsung kemungkinan kita bisa langsung mengetahuinya bahkan bisa lebih mengetahuinya dari isi artikel ini.
Sebagai salah satu sponsor kami, kami merekomendasikan  Jakartawebhosting.com sebagai hosting blog Anda.
Jakarta Web Hosting Indonesia
Jakarta Web Hosting Indonesia

Comments are closed.