5 Alasan Pentingnya Melindungi Setiap Perangkat Dengan Anti-Virus

5 Alasan Pentingnya Melindungi Setiap Perangkat Dengan Anti-Virus

Sangat penting bagi setiap penggunakan internet untuk tahu bahwa dirinya perlu mengambil langkah pencegahan, internet bisa menjadi tempat yang sangat berbahaya. Karena serangan siber yang selalu meningkat setiap tahunnya, maka kita harus melindungi semua perangkat yang kita gunakan. Jika kamu tidak mau mengambil tindakan pencegahan, maka perangkat yang kamu gunakan sangat rentang terhadap ancaman yang ada di internet.

Cara yang paling dasar yang bisa kamu lakukan adalah dengan memasang aplikasi anti-virus pada setiap perangkat yang kamu gunakan. Karena dapat mengurangi kemungkinan kamu mendownlod file berbahaya yang berisi malware dari internet.

Berikut ini adalah 5 alasan penting kenapa kamu harus melindungi semua perangkat kamu dengan aplikasi anti-virus.

1. Menjauhkan Dari Virus Berbahaya

Virus merupakan musuh, karena mereka dapat melakukan hal yang membuat data kamu menjadi rusak. Kebanyakan virus berasal ketika kita mendownload file dari sumber yang tidak jelas, file ini biasanya dikirim lewat e-mail scam atau dengan mengklik link yang salah atau bisa juga ketika mengunjungi website yang muncul banyak pop-up.

Virus dapat memperlambat kinerja dari perangkat yang kita gunakan dan bahkan bisa menghapus berbagai file. Jika kita memasang anti-virus maka dapat mengurangi kerusakan yang disebabkan oleh virus.

2. Melindungi Kita Dari Spyware dan Pencuri Identitas

Pembuat anti-virus membuat versi gratis dan juga versi berbayar dengan fitur yang lebih lengkap termasuk fitur untuk melindungi dari spyware dan pencuri identitas.

Spyware dapat digunakan oleh pembuatnya untuk mencuri berbagai informasi personal dari perangkat yang terinfeksi, seperti password, informasi kartu kredit, dan informasi perosnal lainnya. Semua aktifitasnya berjalan secara sembunyi, kebanyakan dari kita tidak menyadarinya.

3. Melindungi Dari Spam

Anti-virus berbayar juga biasanya memiliki fitur anti spam. Email spam sangat mengganggu dan biasanya email tersebut berisi iklan yang sangat tidak berguna bagi kita. Dan juga banyak yang tidak sadar bahwa spam dapat menjadi awal dari virus menginfeksi perangkat yang kita gunakan.

4. Blokir Koneksi Yang Tidak Aman

Selain itu anti-virus berbayar menawarkan solusi yang lebih lengkap, termasuk juga firewall. Fitur ini dapat melindungi perangkat dari koneksi yang tidak aman.

5. Scan File

Setiap kali mendownload file dari internet, setelah selesai jangan langsung membukanya. Lebih baik kamu men-scan-nya terlebih dahulu dengan menggunakan aplikasi anti-virus, untuk memastikan bahwa file tersebut tidak ada malware ataupun program jahat lainnya.