6 Internet Scam Yang Harus Kamu Waspadai

6 Internet Scam Yang Harus Kamu Waspadai

Internet menawarkan banyak sekali variasi layanan yang bisa kita dapatkan. Namun dibalik berbagai kemudahan yang bisa kita dapat, internet juga menjadi pusat scam atau penipuan yang harus kita hindari. Jika kamu menjadi korban, tidak hanya akan kehilang data dan privasi, bahkan kita bisa kehilangan uang.

Kali ini saya akan membahas 6 internet scam yang sering kita jumpai di internet dan kita harus waspada jangan sampai terkena olehnya.

1. Jual Beli

Menurut saya scam yang paling sering terjadi di Indonesia adalah penipuan pada traksaksi jual beli online. Sampai saat ini masih banyak terjadi penipuan pada transaksi online, biasanya korban sudah mentransfer uang terlebih dahulu, tetapi barang tidak pernah dikirim. Atau paket tetap dikirim tetapi barangnya berupa sabun, atau bahkan hanya kardus kosong. Kamu harus berhati-hati jangan mudah percaya, apalagi harga yang ditawarkan jauh dari harga pasar.

Selain ketika membeli barang kita bisa kena tipu, pada saat menjual barang kita juga bisa kena tipu. Ada banyak modus penipuan, bahwa pembeli mengaku telah mentransfer uang ke penjual, atau jika menggunakan COD pernah ada kejadian pembeli menggunakan uang palsu.

2. Antivirus Palsu

Kejadian ini paling sering dialami oleh pengguna Android, saya sendiri beberapa kali pernah mengalaminya. Ketika membuka halaman web melalui browser di Android, tiba-tiba smartphone saya bergetar tanpa henti dan dilayar ada tampilan yang memberitahukan bahwa smartphone yang terkena virus, dan meminta saya untuk mendownload aplikasi antivirus. Pastinya kamu pengguna Android pernah mengalami kejadian yang sama seperti saya.

Jangan pernah mengklik link aplikasi antivirus tersebut. Jika pop up aplikasi antivirus ini muncul abaikan saja, tekan tombol back berkali-kali, atau langsung tekan tombol Home, kemudian kill aplikasi browser yang sedang digunakan. Karena pop up aplikasi antivirus ini berisi file-file jahat.

3. Lotre

Scam selanjutnya adalah dengan mengirimkan email, yang memberitahukan bahwa kita berhasil memenangkan lotre dengan jumlah hadiah yang sangat besar. Jangan pernah tergiur akan hal tersebut, karena ujung-ujungnya ini adalah scam, mereka akan meminta informasi penting seperti alamat, detil bank dan lainnya.

4. Hubungan Romantis

Kalau scam ini biasa banyak terjadi di media sosial. Tiba-tiba saja ada seorang gadis cantik atau pria gagah yang mengirimkan pesan ke kamu. Mungkin awalnya biasa saja, namun dia berusaha terus merayu hingga kamu luluh, dan tiba-tiba dia ingin menjalin hubungan long-distance (LDR). Romantisme ini bisa berbahaya, bisa saja dia memberi seribu satu alasan mengatakan bahwa dia sedang membutuhkan banyak uang. Jangan pernah kamu transfer, karena kamu merupakan target penipuannya, langsung saja putuskan kontak dengannya.

5. Email Phishing

Hacker mencoba untuk mengembangkan berbagai metode scam, salah satunya dengan mengirimkan email phishing. Email ini biasanya mengaku dari perusahaan media sosial, otoritas hukum, bank, dan lainnya yang berhubungan dengan uang.

Jika email yang mengaku dari bank biasanya mengirim email yang mengabarkan bahwa sedang ada maintenance server, dan meminta kamu untuk masuk ke website untuk mencoba login. Jangan pernah mau memberikan data login pada website yang mencurigakan, dan perhatikan benar-benar URL dari website perbankan, karena website phishing menggunakan URL yang hampir mirip, dan tampilan websitenya dibuat semirip mungkin.

6. Dapat Uang

Apakah kamu percaya bahwa tiba-tiba ada orang asing yang ingin mentransfer ke kamu uang dengan jumlah yang sangat besar?

Banyak sekali email spam, yang masuk ke inbox, dimana mereka menjelaskan situasinya, dan mereka ingin mentransfer sejumlah uang ke kamu. Mereka bilangnya kamu hanya dititipi uang dan akan mendapatkan komisi yang besar karena telah membantu.

Jangan pernah percaya, karena ujung-ujungnya malah mereka yang meminta uang ke kamu untuk fee traksaksi. Ditambah kamu akan diminta mengenai alamat dan juga informasi detil bank.

Kesimpulan

Selain 6 internet scam diatas, masih banyak lagi macam internet scam yang ada didunia maya. Intinya kita harus selalu waspada, apalagi yang menyangkut masalah uang.