Meningkatkan Keamanan Perangkat Mobile Tanpa Membuatnya Lambat

Meningkatkan Keamanan Perangkat Mobile Tanpa Membuatnya Lambat

Banyak orang menggunakan perangkat mobile dan bahkan tidak sedikit yang menjadi ketergantungan tidak bisa dibayangkan jika mereka hidup tanpa perangkat mobile. Untuk itu pengguna mobile harus memastikan bahwa perangkat yang digunakannya aman dan terlindungi, karena di dalamnya tersimpan informasi privat seperti foto, video, pesan, hingga data kartu kredit. Bayangkan jika kamu kehilangan smartphone atau hacket berhasil membobol smartphone kamu, dan mendapatkan informasi privat, seperti kasus hacker yang berhasil mendapatkan foto paling pribadi dari banyak selebritas dunia.

Pada artikel kali ini saya akan membahas cara yang bisa kamu gunakan untuk melindungi dan mengamankan perangkat mobile tanpa membuatnya menjadi lambat.

1. Gunakan Layanan VPN

Menggunakan layanan VPN merupakan salah satu cara terbaik untuk meningkatkan keamanan perangkat mobile yang kamu gunakan tanpa membuatnya menjadi lambat. Dengan VPN, semua koneksi internet melalui jaringan yang aman dan dienskripsi, siapa saja tidak dapat mengawasinya atau men-tracking-nya, bahkan ISP yang kamu gunakan. Hal ini merupakan cara yang baik untuk melindungi informasi yang bersifat privasi dari hacker.

Untuk perangkat berbasis Android dan iOS, kamu bisa memasang aplikasi yang bernama Opera VPN, aplikasi ini kamu bisa gunakan gratis tanpa ada kuota.

2. Lindungi Smartphone dengan Password

Langkah yang paling dasar untuk melindungi smartphone atau perangkat mobile kamu yang lain adalah dengan menambahkan password. Banyak pengguna yang tidak melindungi smartphone-nya dengan password, padahal cara ini salah. Dengan menambahkan password untuk smartphone tentunya dapat melindungi informasi yang ada di dalamnya, terutama jika smartphone kamu hilang atau dicuri.

3. Kunci Kartu SIM

Selain menambahkan password pada perangkat mobile, kamu juga perlu untuk menambahkan password atau PIN untuk mengunci kartu SIM. Setiap saat perangkat dinyalakan dengan SIM tertanam di dalamnya, PIN harus kamu masukan.

4. Pasang Aplikasi Anti-Virus

Aplikasi anti-virus sangat penting untuk melindungi perangkat mobile kamu, terutama untuk melindungi dari ancaman siber. Tidak hanya dapat mendeteksi aplikasi berbahaya hingga malware, banyak aplikasi antivirus yang menawarkan perlindungan web untuk melindungi kita ketika browsing, dan juga fitur anti-theft yang berguna ketika smartphone kita dicuri.