4 Aplikasi FTP Client Gratis Terbaik

4 Aplikasi FTP Client Gratis Terbaik

Apa Itu FTP Clients?

FTP merupakan singkatan dari File Transfer Protocol. Pada dasarnya menggunakan FTP client adalah metode untuk meng-upload, download, dan juga mengelola file yang ada di server.

FTP menggunakan protocol TCP/IP (seperti internet atau intranet) untuk bertukar file. Ada dua komputer yang terlibat server dan client. FTP server, berjalan dengan software FTP server, mendengarkan permintaan koneksi dari komputer lainnya. Komputer client, menjalankan aplikasi FTP client, untuk melakukan koneksi ke FTP server. Ketika sudah terhubung, client dapat melakukan operasi manipulasi file seperti upload file, download file, rename, menghapus file pada server. Semua komputer mendukung FTP, hanya butuh aplikasi FTP client.

Aplikasi FTP Client Gratis Terbaik

Aplikasi FTP client didesain untuk mentransfer file dari komputer client ke server atau sebaliknya melalui jaringan internet. Aplikasi ini di-install pada komputer client dan hanya dapat digunakan dengan koneksi langsung ke internet.

Sebenarnya bisa saja mengakses FTP server dari aplikasi web browser seperti Chrome, Firefox dan sebagainya, namun biasanya download atau uploadnya lebih lama. Aplikasi FTP client lebih memudahkan untuk transfer file, hanya perlu drag and drop file yang diinginkan.

Aplikasi FTP Client gratis terbaik juga kita butuhkan untuk meng-upload atau men-download file ke atau dari server website kita. Ataupun mengedit file website tertentu. Misalnya saja kita ingin menambahkan plugin atau tema untuk website kita, jika kita menggunakan CMS seperti WordPress, Joomla, Drupal atau yang lainnya. Ataupun mengedit file seperti .htaccess. Bisa juga digunakan untuk membackup file website.

Kali ini saya akan membahas 4 aplikasi FTP client gratis terbaik yang bisa kamu gunakan salah satunya.

1. FileZilla

Tampilan dari FileZilla memang biasa-biasa saja, namun fitur-fitur yang ditawarkannya sangat powerfull. Aplikasi ini telah dipercaya 15 tahun oleh para web developer, dan bisa digunakan pada komputer Windows dan Mac.

Untuk mendownload FileZilla pastikan hanya dari website resminya, karena banyak laporan yang menyebutkan malware berasal dari aplikasi FileZilla, namun tentunya aplikasi ini merupakan versi palsu yang beredar di luar website resminya.

2. CyberDuck

CyberDuck merupakan salah satu aplikasi FTP Client yang paling popular saat ini. Aplikasi ini menawarkan tampilan antarmuka yang mudah dimengerti dan digunakan, website resminya juga menawarkan blog yang informatif dan panduan untuk mempelajarinya.

3. Free FTP

Sesuai dengan namanya Free FTP merupakan aplikasi FTP client gratis, meski ada versi berbayarnya yang bernama Direct FTP. Untuk versi gratisnya ini, tidak tersedia beberapa fitur utama seperti built-ine code editor, snippet library, file permissions dan image viewer.

4. FireFTP

FireFTP merupakan FTP client gratis dan aman yang bisa digunakan cross-platform, karena client ini merupakan ekstensi untuk web browser Firefox. Jadi untuk menggunakannya kamu perlu meng-install Firefox terlebih dahulu. Dengan ekstensi ini, web developer tidak perlu repot untuk pindah-pindah antara aplikasi web browser dan FTP client.

 

 

Jakartawebhosting.com menyediakan layanan Web Hosting, dengan kecepatan dan stabilitas pusat data dan server yang baik, up time server 99,9%, team support yang siap membantu 24 jam dan biaya langganan yang menarik.