Bagaimana Cara Tahu Akun Beresiko

Bagaimana Cara Tahu Akun Beresiko

Selama beberapa tahun terakhir, banyak website dan layanan telah di-hacked oleh grup dari black hat hacker (di dunia dikenal dua kubu hacker: white hat dan black hat). Dari hacked ini hacker mendapatkan email beserta passwordnya, yang sering digunakan oleh mereka untuk mendapatkan uang dengan mengancam korbannya.

Yang paling mengejutkan di akhir tahun 2016 lalu adalah layanan email besar Yahoo di-hacked, dimana 1 miliar data penggunanya bocor. Untuk itu kamu harus menjaga semua akun kamu yang ada di internet, dan usahakan tidak menyimpan data-data yang sensitif. Lalu apakah ada tool yang dapat mengetahui apakah akun beresiko?

Untuk membuat proses ini mudah, ahli keamanan siber, Troy Hunt yang bekerja sebagai Microsoft Regional Director and MVP for Developer Security, selama masa senggangnya membuat website yang bernama “Have I Been Pwned?.” Website yang dapat membantu pengguna mencari apakah akun mereka memiliki resiko.

Cara kerja dari website ini, adalah kamu memasukan alamat email kamu pada kotak yang disediakan, lalu klik tombol ‘pwned?’ Dalam beberapa detik website ini akan memberikan informasi apakah akun kamu dalam resiko atau tidak. Jika beresiko, maka tampilannya akan menjadi berwarna merah, dan website ini juga akan memberikan informasi mengenai di website mana saja kamu terancam. Dan langkah apa yang harus kamu ambil, misalnya mengganti password.

Jika akun kamu aman, maka warna dari website ini berubah menjadi hijau. Selain itu kamu juga bisa mengecek mengenai password yang kamu gunakan.

Klik menu Passwords yang ada di atas, lalu masukan password kamu ke dalam kotak yang telah disediakan, dan klik tombol ‘pwned?’ Website ini akan menilai apakah password yang kamu gunakan beresiko atau tidak. Jika tidak maka tampilan layar berwarna hijau, dan jika beresiko berubah menjadi merah. Penilaian aman atau tidaknya adalah berdasarkan apakan password yang kita gunakan ditemukan pada daftar Pwned Passwords.

Informasi yang digunakan oleh website “Have I Been Pwned?” berasal daftar data bump Anti Public dan Exploit.in. Dengan dimikian website ini memiliki tingkat akurasi tertentu ketika harus mengetahui apakah katu kuncu telah disusupi atau tidak.

 

Jakartawebhosting.com menyediakan layanan Web Hosting, dengan kecepatan dan stabilitas pusat data dan server yang baik, up time server 99,9%, team support yang siap membantu 24 jam dan biaya langganan yang menarik.