Menyembunyikan Alamat IP Untuk Online Yang Lebih Aman

Menyembunyikan Alamat IP Untuk Online Yang Lebih Aman

Internet telah menjadi hal yang sangat umum untuk saat ini, dan banyak mereka yang berjam-jam menghabiskan waktunya di internet. Namun sayangnya hanya sedikit yang peduli mengenai masalah keamanan ketika mereka online. Inilah yang menyebabkan ancaman keamanan siber menjadi masalah yang serius pada dekade ini.

Akhir minggu kemarin seluruh dunia heboh termasuk di Indonesia, karena ancaman dari malware jenis ransomware yang bernama WannaCry. Hal ini seharusnya menyadarkan pengguna internet untuk lebih waspada selama mereka online dan meningkatkan keamanan perangkat yang digunakannya. Tidak hanya beresiko kehilangan berbagai data penting, informasi pribadi termasuk informasi kartu kredit bisa disalah gunakan oleh orang yang bertanggung jawab, dan pada kasus WannaCry komputer pengguna disandera dan hacker meminta tebusan agar komputer bisa digunakan kembali.

Ada beberapa cara melindungi diri kita selama online di internet baik melalui komputer, smartphone atau tablet. Selain membekali perangkat kita dengan program antivirus, kita juga bisa menggunakan program VPN untuk menyembunyikan alamat IP.

Apa Itu Alamat IP

Alamat IP atau alamat internet protocol, merupakan label angka dari setiap perangkat (komputer, smartphone, tablet, IoT) yang terhubung ke jaringan komputer yang digunakan oleh Internet Protocol untuk komunikasi. Alamat IP memiliki dua fungsi utama:

  • Identifikasi host atau jaringan.
  • Pengalamatan lokasi.

Kenapa Harus Menyembunyikan Alamat IP di Komputer dan Smartphone?

Kamu mungkin punya alasan sendiri untuk menyembunyikan alamat IP, tetapi inilah beberapa alasan teknis kenapa kamu harus menyembunyikannya.

  • Untuk menyembunyikan lokasi geografis.
  • Untuk mencegah pelacakan web.
  • Untuk menghindari meninggalkan jejak digital.
  • Untuk mem-bypass website yang diblokir.

Cara Menyembunyikan Alamat IP di PC

Untuk menyembunyikan alamat IP di PC baik Windows atau Mac yang paling mudah adalah menggunakan software VPN seperti:

Atau kamu bisa menggunakan software web browser Opera, yang sudah mengintegrasikan fitur VPN.

Cara Menyembunyikan Alamat IP di Anroid

Bagusnya di Google Play Store banyak tersedia aplikasi VPN yang bagus diantaranya:

Cara Menyembunyikan Alamat IP di iOS

Untuk iOS juga ada banyak aplikasi VPN yang bagus seperti: