5 CMS Terbaik di Dunia Untuk Membuat Situs dan Blog

5 CMS Terbaik di Dunia Untuk Membuat Situs dan Blog

5 CMS Terbaik di Dunia – Bagi kamu yang ingin membuat suatu situs, entah itu situs besar untuk korporasi, blog standar, ataupun halaman personal untuk memperkenalkan kamu di dunia maya. Maka kamu memerlukan CMS atau content management system untuk mengupdata konten yang ada pada situs yang kamu buat.

Ada banyak pilihan CMS yang bisa kamu gunakan untuk membangun dan mendandani situs atau blog yang ingin kamu buat. Dan kali ini kami pilihkan 5 CMS terbaik yang digunakan oleh jutaan situs di seluruh dunia, dimana setiap CMS menawarkan kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

WordPress

wordpress-logo

WordPress, pastinya sudah banyak yang mendengar nama CMS yang satu ini. WordPress digunakan oleh jutaan situs dan blog terkenal, dimana menurut data dari //trends.builtwith.com/, CMS ini digunakan oleh sekitar 37% situs atau blog yang ada di dunia. WordPress memiliki dua layanan yakni WordPress.org dan WordPress.com, keduanya menjanjikan pemakaian yang sangat mudah dan biaya yang minimal.

Kelebihan:

– Simpel: WordPress sengaja didesaian untuk pemakaian yang sangat mudah dan memang ditujukan untuk banyak orang. Siapa saja dapat mempelajarinya dengan cepat.

– Fleksibel: WordPress menyediakan banyak template baik yang berbayar maupun yang gratis untuk mempercantik tampilan situs atau blog. Selain itu ada banyak plugin dengan beragam kegunaan.

– Fitur SEO: Ini adalah fitur yang sangat penting, dengan fitur ini bisa membuat situs atau blog kamu muncul pada halaman pertama mesin pencari seperti Google.

Kekurangan

– Keamanan: Karena banyak code WordPress tersedia online, menjadikannya sering dijadikan target oleh para hacker. Meski demikian ada plugin yang dapat membantu mengamankan situs atau blog yang kamu buat.

Cocok Untuk Siapa?

WordPress sangat cocok bagi perusahaan atau personal yang ingin membuat situs atau blog dengan waktu yang cepat, termasuk waktu belajar yang cepat, tanpa perlu mengeluarkan biaya yang besar. Inilah yang menjadikan WordPress menjadi CMS terbaik dan yang paling banyak digunakan di dunia. Beberapa situs terkenal seperti The New Yorker, Vogue dan Time menggunakan WordPress.

Salah satu keunggulan lain dari WordPress, kita bisa menggunakan Hosting lain dan menggunakan nama Domain pilihan kita sendiri. Jakartawebhosting.com menawarkan layanan WordPress Hosting dengan harga terjangkau.

 

Drupal

5 CMS Terbaik Drupal

CMS terbaik ketiga adalah Drupal. Drupal merupakan CMS yang memungkinkan kamu untuk mengatur dan menerbitkan konten yang telah dibuat. Drupal merupakan aplikasi open source jadi kamu bisa menggunakannya secara gratis, tanpa ada pembelian lisensi atau biaya perawatan. CMS ini digunakan oleh jutaan situs.

Kelebihan:

– Kustomisasi: Drupal memiliki lebih dari 450 tema dan 20.000 add on yang dapat digunakan untuk mendesain situs yang kau buat.

– Keamanan yang kuat: Drupal merupakan salah satu CMS dengan tingkat keamanan yang kuat, makanya banyak departemen pemerintahan dan institusi keuangan memilih untuk menggunakannya.

– Stabilitas: Drupal dapat menangani halaman web yang sangat banyak dan juga jumlah penggunjung yang tinggi, tanpa menurunkan performanya.

Kekurangan:

– Waktu belajar yang lama: Tidak seperti WordPress dan Blogger, untuk menggunakan Drupal memerlukan waktu yang terbilang lama untuk mempelajarinya dan tidak cocok untuk pemula. Drupal memerlukan investasi waktu dan tambahan sumber daya manusia.

– Instalasi yang kompleks: Untuk membangun situs menggunakan Drupal memerlukan waktu cukup lama untuk mengembangkannya.

Cocok untuk Siapa?

Drupal cocok untuk perusahaan atau institusi yang ingin membuat situs yang kompleks dengan konten yang banyak dan juga memiliki keamanan yang baik. Perusahaan dan institusi yang menggunakan Drupal diantaranya: The White House, Harvard University, FedEx.

Joomla

5 CMS Terbaik Joomla

CMS terbaik nomor empat adalah Joomla. Sama seperti Drupal, Joomla merupakan CMS gratis dan open source. Dari segi fitur menjembatani antara Drupal dengan WordPress. CMS ini dapat berjalan mulus dibanyak web server.

Kelebihan:

– User Friendly: Tampilan antarmukanya relatif mudah untuk dipelajari. CMS ini juga menyediakan banyak plugin dan juga template.

– Situs E-Commerce: Jika ingin membuat situs E-Commerce, Joomla merupakan CMS yang ideal. CMS ini menyediakan banyak plugin untuk mengatur produk dan juga konten.

– Komunitas: Joomla sangat banyat digunakan untuk membuat situs, sehingga para pengguna Joomla ini membuat forum dan siapa saja dapat berbagai ilmu mengenainya.

Kekurangan:

– Butuh waktu mempelajari Joomla, namun tidak sesulit Drupal.

– Kurang kemampuan SEO: Tidak seperti CMS lainnya, Joomla tidak mengintegrasikan fitur SEO. Jadi perlu investasi tambahan untuk mengatur SEO-nya.

Cocok untuk siapa?

Joomla cocok untuk perusahaan kelas menengah atau siapa saja yang ingin membangun situs E-Commerce. Perusahaan yang menggunakan Joomla diantaranya: Linux, Sprint dan IHOP.

Blogger

5 CMS Terbaik Blogger

CMS terbaik selanjutnya adalah Blogger, sebelumnya adalah Blogspot, merupakan salah satu produk andalan dari Google. Dengan Blogger atau Blogspot menjadikan blogging menjadi mainstream. Blogger banyak digunakan karena sangat mudah dipelajari dan digunakan.

Kelebihan:

– Mudah digunakan: Blogger merupakan salah satu CMS yang sangat mudah dipelajari dan siapa saja dapat mempelajarinya dengan sangat cepat.

– Integrasi Google Apps: Blogger merupakan salah satu produk dari Google, cukup dengan akun Gmail kamu langsung bisa membuat blog. Kamu juga bisa memasang iklan dengan Google AdSense, namun jika traffic-nya sudah tinggi dan bisa mengetahui traffic dengan Google Analytic. Serta bisa langsung men-share artikel atau post yang kamu buat ke akun Google Plus.

– Stabilitas: Blogger dirilis pertama kali pada tahun 1999 atau 16 tahun lalu, menjadikan memilikia stabilitas sistem yang baik.

Kekurangan:

– Terbatas: Blogger memiliki template yang terbatas dan tidak memungkinkan untuk mengotak-ngatik code backend-nya. Jadi sulit untuk mengubahnya menjadi sesuai dengan gaya kita.

– Dimiliki oleh Google: Jadi semua konten yang kamu buat akan diawasi oleh Google dan Google bisa setiap saat menutup blog yang kita buat.

Cocok Untuk Siapa?

Blogger cocok untuk kamu yang ingin membuat blog personal ataupun blog seputar hobby dan komunitas. Beberapa perusahaan yang menggunakan Blogger diantaranya: Google Blog dan Twitter Blog.

Tumblr

5 CMS Terbaik Tumblr

CMS terbaik terakhir dalam daftar ini adalah Tumblr. Platform blogging ini menawarkan tampilan yang lebih eye-catching dan juga memiliki fitur yang menggabungkan antara blogging dengan sosial media.

Kelebihan:

– Mudah digunakan. Siapa saja dapat menggunakannya dan mempelajarinya dengan cepat. Cukup memilih tipe post (gambar, video, teks atau link) dan klik tombol publish.

– Banyak pengguna. Saat ini pengguna Tumblr ada lebih dari 230 Juta orang, jika konten atau foto kamu menarik ada kesempatan yang sangat besar banyak orang yang akan me-liked, me-reblogged dan menjadi viral.

Kekurangan:

– Terbatas: Tumblr memiliki batasan pada formating, dan juga memiliki add on dan plugin yang sedikit.

Cocok untuk siapa?

Tumblr cocok untuk siapa saja yang ingin berbagai informasi secara singkat. Terutama bagi fotografer, seniman atau blogger untuk menyebar foto dan video dengan audiens yang lebih besar. Perusahaan yang menggunakan Tumblr diantaranya: Comedy Central dan Rolling Stone.

Jakartawebhosting Banner 468-60px

Comments are closed.