Cara Monetize atau Dapat Uang Dari Blog

Cara Monetize atau Dapat Uang Dari Blog

Cara Monetize atau Dapat Uang Dari Blog

Banyak orang yang bermimpi mendapatkan uang dengan sangat mudah melalui blog yang dibuatnya, dan uang akan terus mengalir meski mereka tidur. Hal ini sebenarnya sangat tidak mudah untuk dilakukan, kamu harus mencari traffic atau pengunjung yang banyak, dan mendapatkan uang dari traffic ini. Ada banyak cara monetize blog atau mendapatkan uang dari blog tanpa perlu menjual produk. Dan berikut ini adalah hal-hal yang bisa dilakukan.

1. Google AdSense

Google AdSense merupakan cara monetize blog yang paling popular, kamu bisa mendapatkan uang dari blog atau situs kamu dengan program dari Google ini. Namun sayangnya untuk mendapatkan persetujuan menggunakan Google AdSense bukan hal yang mudah. Untuk diterima blog atau situs kamu harus sesuai dengan kriteria yang ditetapkan oleh Google.

Hal-hal yang perlu diperhatikan untuk mendaftar Google AdSense:

– Konten yang unik dan original, blog kamu harus berisi konten yang unik dan original, jangan meng-copy-paste artikel orang lain.

– Perhatikan umur blog atau situs. Jika blog kamu sudah berukuran 6 bulan dan memiliki unique visitor yang stabil, kamu bisa coba mendaftar Google AdSense.

– Perhatikan jumlah konten di situs atau blog, menurut saya lebih banyak konten kemungkinan diterima akan lebih besar.

– Informasi pendukung, ada baiknya situs kamu ada halaman About atau Tentang, Kontak, agar terkesan serius.

2. Affiliates

Cara monetize blog selanjutnya adalah dengan ikutan program affiliates. Affiliates merupakan salah satu model bisnis yang populer di internet. Prinsip dasar dari affiliates adalah mempromosikan produk yang dijual oleh situs lain di situs atau blog kita. Kita akan diberi komisi, jika ada produk yang terjual dengan sumber dari situs atau blog kita. Ada banyak sekali situs yang menawarkan program affiliates, diantaranya mall online seperti Bhinneka.com, Lazada.co.id dan masih banyak lagi.

Selain itu, Jakartawebhosting.com juga membuka program affiliates dengan komisi yang menarik.

3. Jual Space Iklan

Jika kamu telah mempunyai traffic atau jumlah pengunjung yang baik per harinya, maka kamu bisa membuka space iklan. Space iklan ini seperti space iklan yang ada pada surat kabar, majalah dan sejenisnya. Dimana kamu bisa menyewakan space kosong pada halaman blog atau situs kepada para pemasang iklan.

4. Jualan link

Salah satu teknik SEO adalah dengan memasang link di blog lain, dengan harapan mendapatkan tambahan pengunjung dari blog tersebut. Semakin banyak inbound link atau link masuk ke blog kita maka akan semakin tinggi PR (page rank), untuk memperbanyak link masuk salah satu cara adalah dengan membeli link. Karena banyaknya permintaan ini, maka terbuka peluang untuk jualan link.

Namun tidak semua blog bisa jualan link, karena kebanyakan broker jualan link mengharuskan blog memiliki PR yang tinggi. Jadi sebelumnya harus menaikan page rank blog kamu.

5. Mengikuti program Paid Review

Cara monetize blog lainnya, kamu juga bisa mengikuti program Paid Review. Paid Review merupakan program dimana kamu harus menuliskan review mengenai situs atau produk, kemudian mempostingnya di blog kamu, dan kamu akan dibayar.

 

Comments are closed.