5 Aplikasi Penting Yang Harus Kamu Install Pada PC Kamu

5 Aplikasi Penting Yang Harus Kamu Install Pada PC Kamu

5 Aplikasi Penting Yang Harus Kamu Install Pada PC Kamu

Pada saat pertama kali membeli perangkat PC atau laptop baru biasanya belum terpasang berbagai aplikasi di dalamnya. Atau jika kamu pergi ke tukang servis untuk memperbaiki komputernya biasanya akan di install ulang dan aplikasi yang sebelumnya ada pasti hilang.

Ketika hal tersebut terjadi, kamu pasti berpikir aplikasi apa saja yang harus di-install pada PC baru. Berikut ini adalah 5 aplikasi penting yang harus ada di perangkat komputer atau laptop kamu.

1. Web Browser

Web browser merupakan aplikasi penting pertama yang harus kamu install, dengan web browser kamu bisa mendownload berbagai aplikasi lainnya yang kamu butuhkan. Sistem operasi Windows memang membawa aplikasi browser bawaan seperti Internet Explorer atau yang terbaru adalah Edge. Tetapi saya lebih suka menggunakan web browser pihak ketiga seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera, dan masih banyak pilihan lain.

2. Anti Virus

Anti virus wajib kamu pasang pada perangkat PC atau laptop baru, apalagi jika sering terkoneksi ke internet dan berbagai file dengan flash disk. Anti virus dapat mencegah dan menghapus virus atau malware dan ada juga yang dapat melindungi kamu selama terkoneksi ke internet. Untuk itu kamu harus mencari anti virus dengan tambahan fitur perlindungan online, ada beberapa aplikasi seperti Comodo Internet Security Suite dan juga Avast yang bisa kamu pilih. Untuk melindungi dari malware kamu bisa menggunakan Malwarebytes.

3. Office

Office merupakan aplikasi penting lainnya yang juga wajib ada di komputer atau laptop baru, yang bisa digunakan untuk urusan pekerjaan ataupun tugas sekolah atau kuliah. Salah satu yang paling banyak digunakan adalah Microsoft Office, namun harganya terbilang sangat mahal. Biasanya kamu pasti memilih untuk menggunakan versi bajakannya. Sebenarnya ada banyak pilihan alternatif Microsoft Office yang bisa kamu gunakan gratis seperti: LibreOffice, FreeOffice, WPS Office, atau Apache OpenOffice, dengan fitur yang hampir sama.

4. Multimedia

Selain untuk urusan kantor dan juga sekolah atau kuliah, perangkat komputer atau laptop juga bisa dijadikan sebagai sarana hiburan. Untuk itu kamu harus meng-install aplikasi multimedia seperti pemutar musik dan juga pemutar video.

OS Windows sendiri sebenarnya sudah menghadirkan aplikasi multimedia, namun saya pribadi lebih suka menggunakan aplikasi pihak ketiga. Untuk pemutar musik saya merekomendasikan Apple iTunes dan juga Spotify, kamu bisa mendengarkan koleksi musik yang ada di perangkat PC atau streaming musik dan bahkan bisa membeli musik original. Sementara untuk pemutar video saya merekomendasikan VLC atau K-Lite.

5. Instant Messenging

Biasanya untuk berkomunikasi dengan rekan di kantor, kamu diharuskan memasang aplikasi instant messenging seperti Skype atau Yahoo Messenger atau Google Hangout, tiga aplikasi chatting ini memang yang paling banyak digunakan. Namun untuk memasangnya dengan aplikasi yang terpisah akan memakan lebih banyak memori.

Namun ada alternatif aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk menjalankan beberapa akun aplikasi chatting tersebut. Seperti Pidgin, One Team, Trillian atau Digsby.

 

Jakartawebhosting Banner 468-60px

Comments are closed.