Cara Scan Dokumen Menggunakan Smartphone

Smartphone atau ponsel pintar, sesuai dengan namanya perangkat ini memiliki banyak fitur tambahan melalui aplikasi yang membuatnya menjadi semakin ‘pintar.’ Salah satu fitur pintar yang bisa ditawarkan oleh smartphone adalah untuk scan dokumen.

Memang ada banyak perangkat khusus scanner untuk men-scan dokumen, tetapi jika kamu bisa menggunakan smartphone untuk melakukannya tentu akan menghemat biaya, kita tidak perlu lagi membeli perangkat scanner. Hasil scan dokumen melalui smartphone dengan bantuan aplikasi juga terbilang cukup bagus, asalkan kita menggunakan aplikasi yang tepat.

Kali ini kami akan membahas cara scan dokumen menggunakan smartphone dengan aplikasi yang tepat, baik untuk Android dan juga iOS.

Cara Scan Dokumen di Smartphone Android Menggunakan Google Drive

Jika kamu menggunakan smartphone Android, biasanya sudah terpasang aplikasi Google Drive atau jika belum ada kamu bisa mengdownloadnya terlebih dahulu melalui Play Store. Menariknya Google Drive membawa fitur untuk menambahkan dokumen baru dengan langsung men-scan dokumen kertas menjadi digital.

Cara menggunakannya, buka aplikasi Google Drive, tap simbol ‘+’ dibawah kanan pada tampilan home dari aplikasi ini. Setelah di-tap akan muncul pilihan, dan terlihat tombol Scan. Pilih Scan untuk men-scan dokumen yang kamu inginkan.

Semua dokumen yang di-scan secara otomatis diupload ke Google Drive, jadi kamu bisa mengakses file dokumen tersebut dari mana saja dan menggunakan perangkat apa saja. Setelah selesai men-scan akan tersedia tiga plihan seperti:

  • Tap ikon ‘+’ untuk menambahkan halaman baru yang ingin di-scan.
  • Pilihan untuk me-redo atau men-scan ulang dokumen jika hasilnya kurang maksimal.
  • Dan terakhir men-tap ikon centang, jika hasil scan sudah sesuai dan akan langsung diupload ke Google Drive.

Tersedia juga beberapa tool untuk melakukan penyesuaian sesuai dengan kebutuhan kamu, seperti tool untuk mengedit foto. File yang di-scan disimpan dalam format .PDF.

Cara Scan Dokumen di iPhone Menggunakan Evernote Scanable

Jika kamu menggunakan smartphone iPhone kamu bisa menggunakan aplikasi yang bernama Evernote Scanable, tinggal download saja melalui App Store.

Cara menggunakannya sangat mudah, setelah berhasil di download buka aplikasi Evernote Scanable dan tahan perangkat pada dokumen yang ingin kamu scan. Aplikasi ini akan scan dokumen secara otomatis tanpa kita men-tap tombol apapun. Dokumen akan akan ditandai biru, dan indikator proses berwarna putih akan muncul, dan jika membentuk lingkaran sempuran berarti proses telah selesai.

Kita juga bisa mematikan fitur scan otomatis untuk men-scan secara manual. Tap ikon ‘…’ dibawah kana untuk memunculkan menu Settings. Dibawah pilihan Capture ganti Auto menjadi Manual. Makan tombol shutter muncul, dan kita bisa men-scan secara manual.

Terdapat juga fitur untuk memperbaiki atau meningkatkan gambar hasil scan, dan hasil scan disimpan dalam format JPG. Dan file akan disimpan otomatis ke akun Evernote.