Bagaimana Cara Reset Password Gmail – Akun Google?

Bagaimana Cara Reset Password Gmail - Akun Google

Android berhasil menjadi sistem operasi yang paling popular di dunia mengalahkan Windows buatan Microsoft. Wajar saja jika semakin banyak orang yang mendaftar akun Gmail atau Google, dan pastinya banyak pengguna yang punya lebih dari satu akun Google.

Jika kamu memiliki banyak akun Google atau Gmail biasanya yang terjadi kamu lupa dengan password dari salah satu akun kamu. Bagusnya Google menawarkan cara reset password Gmail yang aman. Dan kali ini saya akan membahas mengenai cara untuk reset password Gmail.

Cara Reset Password Gmail

Gmail memiliki berbagai cara untuk mengkonfirmasi identitas kamu agar dapat me-reset password Gmail. Google pun menyediakan cara membuat ulang password dengan panduan yang mudah untuk diikuti.

Untuk me-reset password Gmail masuk ke situs Gmail.com, lalu masukan alamat email kamu klik Next. Selanjutnya klik Forget Password.

Setelah ini kamu diminta untuk memasukan password terakhir yang kamu ingat, jika salah atau kamu lupa. Klik saja “Try a different question” dibawah untuk pertanyaan selanjutnya. Jika berhasil ada bacaan sukses dan klik saja Continue.

Pertanyaan selanjutnya adalah Recovery email, jika kamu tidak memasukan email cadangan akan langsung ke pertanyaan lain. Atau jika muncul pertanyaan Recovery email dan kamu lupa akan email tersebut lanjut pilih pertanyaan lain. Jika kamu ingat klik Send untuk mengirimkan kode verifikasi untuk me-reset password. Masukan kode verifikasi yang dikirim ke email cadangan, dan sekarang kamu bisa me-reset password.

Pertanyaan selanjutnya setelah Recovery email adalah dengan nomor telepon. Masukan nomor telepon yang kamu masukan untuk mendaftar akun Google atau Gmail. Jika nomor kamu sudah tidak aktif atau tidak ada pilih pertanyaan selanjutnya. Jika masih aktif masukan nomor telepon dan klik Next.

Jika kamu lupa password dan nomor telepon, pilih pertanyaan selanjutnya yang paling sulit saya sendiri tidak bisa menjawabnya. Pertanyaan tersebut adalah kapan akun Gmail kamu dibuat, Bulan dan Tahun. Jika kamu ingat itu bagus kamu bisa me-reset password, namun jika kamu tidak ingat pilih pertanyaan selanjutnya.

Pertanyaan selanjutnya adalah memasukan email kembali, saya coba memasukan alamat email lain yang bukan email cadangan dan coba memasukan nomor verifikasi yang dikirim. Cara ini tidak berhasil. Dan Google mengatakan tidak dapat memverifikasi identitas saya.

Jika kamu tetap tidak bisa me-reset password dengan cara diatas, sudah tidak ada cara yang bisa dilakukan. Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk reset password Gmail adalah dengan menghubungi Google.

Saran saya jika membuat akun Google baru, kamu harus masukan email cadangan yang aktif atau setidaknya yang kamu tahu passwordnya. Dan juga memasukan nomor telepon kamu yang aktif.