Android Security Update October Tutup 5 Android Bugs Critical

Android Security Update October Tutup 5 Android Bugs Critical

5 celah critical telah dilaporkan oleh Google sebagai bagian dari October Android Security Bulletin. Dan Google telah merilis total 14 patch pada Android Security Update untuk bulan Oktober 2017, untuk memperbaiki masalah yang terjadi dengan celah tersebut mulai dari level critical hingga high.

Tiga celah dikategorikan sebagai critical, terkait dengan bugs remote code execution yang ditemukan pada Android media framework. Sementara dua celah critical lainnya terkait dengan komponen Qualcomm.

Android Security Update terbaru juga berisi perbaikin untuk celah Dnsmasq software yang berpengaruh tidak hanya pada Android, tetapi juga Mac OS X, beberapa distribusi Linux, hingga perangkat router dan IoT (Internet of Things)

Google mengatakan salah satu bug yang paling parah bulan ini adalah celah pada eskalasi hak akses yang ada dari Android 6.0 Marshmallow hingga Android 8.0 Oreo. Menurut Google, celah ini memungkinkan aplikasi berbahaya untuk menerobos persyaratan interaksi pengguna dalam rangka untuk memperoleh akses ke izin tambahan, yang akan digunakan untuk serangan selanjutnya.

Bug parah lainnya, menurut Google, termasuk celah yang ditemukan pada komponen kernel Android yang memungkinkan aplikasi berbahaya untuk mengeksekusi kode berbahaya untuk mendapatkan proses istimewa.

Selain itu Android Security Update terbaru juga mencakup kumpulan perbaikan dari sisi perangkat keras, termasuk patch untuk driver bagi hardware MediaTek dan Qualcomm. Dua celah terkait masalah Qualcomm yang di-patch, adalah perbaikan masalah dengan driver system-on-a-chip yang memungkinkan eksekusi remote code. Celah Qualcomm kedua yang di-patch adalah bug yang ada pada subsystem jariangan dan memblokir eskalasi hak istimewa.

Patch terakhir, yang dinilai sebagai tingkat keparahan yang tinggi, terkait dengan celah driver system-on-a-chip MediaTek. Google mengatakan bahwa celah ini memungkinkan aplikasi berbahaya mengeksekusi kode berbahaya untuk mendapatkan hak istimewa.

Selain itu update patch terbaru ini juga memperbaiki 38 celah keamanan Android lain termasuk celah yang mempengaruhi sistem Android dan komponen dari Broadcom, HTC, Huawei, Motorola dan Qualcomm.

 

Jakartawebhosting.com menyediakan layanan Web Hosting, dengan kecepatan dan stabilitas pusat data dan server yang baik, up time server 99,9%, team support yang siap membantu 24 jam dan biaya langganan yang menarik.