11 Tips Mendeteksi Spyware di Smartphone

10 Tips Mendeteksi Spyware di Smartphone

Program spyware atau program mata-mata telah menjadi ancaman yang serius terhadap privasi dari data mobile yang kita miliki. Jika spyware terpasang pada perangkat smartphone yang kita miliki, maka tanpa kita sadari kita sedang dimata-matai dan bahkan sang pembuatnya bisa mencuri data digital yang kita miliki.

Malware ini dapat mengakses data dari pesan SMS, email, riwayat panggilan, lokasi, merekam suara, menggunakan kamera hingga, mencuri foto hingga mencuri data kartu kredit.

Pada post kali ini saya akan membahas mengenai beberapa indikator kehadiran spyware di perangkat mobile yang kita miliki.

1. Tiba-Tiba Reboot dan Power Off

Harusnya, perangkat mobile hanya akan power off dan reboot jika kita menekan tombolnya. Namun jika perangkat smartphone tiba-tiba power off atau reboot dengan sendirinya, bisa jadi ada program spyware. Namun jika power off atau reboot-nya terlalu sering bisa jadi perangkat kamu mengalami kerusakan.

2. Baterai Tiba-Tiba Menjadi Lebih Boros

Selama bertahun-tahun, spyware telah diketahui akan menggunakan banyak daya dari baterai. Jika baterai perangkat mobile kamu tiba-tiba menjadi lebih boros baterai padahal penggunaannnya seperti biasa, bisa jadi perangkat mobile kamu telah terpasang spyware.

3. Ada Suara Berisik Ketika Panggilan

Beberapa program spyware memiliki fitur dapat mendengarkan dan merekam percakapan ketika kamu melakukan panggilan suara. Sebagai hasilnya, mungkin kamu akan mendengar suara yang aneh dan tidak biasa pada setiap panggilan.

4. Penggunaan Data Yang Besar

Padahal kamu baru saja mengisi kuota, tetapi tiba-tiba saja sisa kuota internet kamu sudah hampir habis. Bisa jadi ada proses di background yang berjalan dan memakan banyak penggunaan data, bisa jadi proses tersebut adalah program spyware.

5. SMS dan Notifikasi Aneh

Beberapa spyware menggunakan SMS untuk mengirimkan perintah untuk mengkonfigurasi perangkat mobile korban. Biasanya pesan ini berisi simbol dan angka yang aneh, ini merupakan tanda perangkat mobile kamu terinfeksi spyware.

6. Tiba-Tiba Muncul Iklan

Ini yang paling sering terjadi, tiba-tiba di perangkat mobile kita sering muncul iklan yang tidak jelas ketika kita memainkannya. Ini menjadi pertanda smartphone kita telah terinfeksi adware dan mungkin spyware.

Jika kamu menemukan tanda-tanda di atas, beberapa hal dibawah ini harus kamu lakukan.

7. Hapus Program Mencurigakan

Buka daftar aplikasi yang terpasang di perangkat mobile kamu. Jika ada aplikasi yang tidak kamu kenal dan kamu tidak merasa meng-install-nya langsung hapus saja. Terkadang program spyware akan menyembunyikan aplikasinya, tanpa icon, hal ini sulit untuk dideteksi.

8. Update Sistem Operasi Yang Digunakan

Mengupdate software sistem operasi yang digunakan dapat membantu menutup celah pada perangkat mobile yang kita gunakan. Karena biasanya update software akan menyertai patch untuk menutup celah keamanan.

9. Pasang Aplikasi Anti-Virus

Pasang aplikasi anti-virus untuk menangkal dan juga menghapus program-program jahat seperti malware, virus dan lain sebagainya.

10. Menghapus File Yang Mencurigakan

Buka aplikasi file explorer dan sejenisnya, hapus file-file yang mencurigakan.

11. Reset Perangkat Mobile

Jika sudah merajalela, langkah terakhir adalah dengan mereset perangkat mobile kamu ke settingan pabrik. Mereset (hard reset) akan menghapus semua file kamu yang ada diperangkat, jadi sebelumnya kamu harus membackup data-data yang kamu miliki.