Google Noto, Open Source Font Dengan Dukungan 800 Bahasa

Google Noto Open Source Font Dengan Dukungan 800 Bahasa

Google Noto Open Source Font Dengan Dukungan 800 Bahasa

Salah satu tantangan terbesar yang terjadi pada hal berbagi informasi digital di seluruh dunia adalah “Tofu.” Tofu??? Pasti kamu pernah mengalami kejadian, dimana ketika kamu menerima pesan, email atau dokumen dari teman di belahan dunia lain teks-nya hanya berupa gambar kotak.

Karakter Tofu tersebut muncul karena perangkat yang kamu gunakan atau website tidak mendukung bahasa si pengirim. Tofu tentunya dapat menyebabkan kebingungan, menghentikan komunikasi karena tidak mengerti dan juga menghasilkan pengalaman pengunjung yang kurang baik.

Hal inilah yang mendasari Google pada lima tahun lalu untuk memecahkan masalah ini, dan terlahirlah proyek font open source yang dipanggil dengan nama Noto, yang merupakan singkatan dari “No more tofu,” atau tidak ada lagi karakter Tofu.

Google Noto merupakan font yang bersifat open source dengan tampilan yang menawan dan juga mendukung semua simbol standar Unicode. Font ini mendukung lebih dari 800 bahasa dan 110.000 karakter yang ada diseluruh dunia.

Proyek Noto dimulai sebagai keharusan untuk mengembangkan sistem operasi Android dan Chrome OS. Ketika Google memulainya, mereka tidak menyadari besarnya tantangan ini. Untuk itu diperlukan desain dan pengujian teknis dengan ratusan bahasa yang ada di dunia, dan keahlian dari spesialis di bidang skrip tertentu.

Sebagai contoh, dalam bahasa Arab, setiap karakter memiliki empat tanda baca yang dapat berubah tergantung pada kata selanjutnya. Dan pada bahasa India, tanda baca dapat di atur ulang atau bahkan dibagi menjadi dua tergantung teks disekitarnya.

Kunci sukses untuk membuat proyek ini berhasil Google bermitra dengan berbagai ahli dibidang font, termasuk Monotype, Adobe dan jaringan relawan yang luas yang siap untuk mengujinya. Noto dapat digunakan untuk melestarikan sejarah dan budaya dari bahasa yang semakin langka penggunanya melalui jalan dengan mendigitalkannya. Sebagai karakter baru yang diperkenalkan dalan standar Unicode, Google akan menambahkannya kedalam keluarga font Noto.

Google Noto bisa didownload gratis langsung dari website Google.

Noto fonts download: https://www.google.com/get/noto/
Design source files: https://github.com/googlei18n/noto-source
Font building pipeline: https://github.com/googlei18n/fontmake

Jakartawebhosting Banner 468-60px

Comments are closed.