5 Alasan Menggunakan VPN

5 Alasan Menggunakan VPN

5 Alasan Menggunakan VPN

VPN atau Virtual Private Network, memungkinkan kamu untuk berselancar di internet tanpa perlu khawatir diawasi oleh orang seperti hacker atau bahkan pemerintah. VPN dapat digunakan untuk melindungi informasi penting kamu di internet seperti informasi mengenai akun dan password-nya hingga data kartu kredit.

Kamu pasti berpikir bahwa website yang kamu gunakan memiliki sistem keamanan yang baik, namun sayangnya hal tersebut bukan merupakan faktor satu-satunya. Kamu juga harus mengamankan jaringan atau koneksi internet yang kamu gunakan, jika tidak ingin dimata-matai. VPN merupakan salah satu yang bisa digunakan untuk mengamankan jaringan yang kamu gunakan.

Selain itu VPN memiliki banyak fungsi lainya, berikut ini adalah 5 alasan menggunakan VPN.

1. Mengakses konten terbatas dari website tertentu

Beberapa website layanan streaming dan ada website lainnya juga yang membatasi dirinya agar kontennya tidak bisa dibuka dari negara-negara tertentu. Alasan menggunakan VPN kita bisa menembus batasan tersebut, dan membuka konten website-website tersebut dari negara kita Indonesia yang sebelumnya diblok.

2. Mengakses website yang dilarang di kantor atau sekolah

Pastinya di kantor atau sekolah atau kampus kamu melarang untuk membuka website-website tertentu seperti misalnya Facebook atau YouTube atau lainnya. Alasan menggunakan VPN kita tetap bisa mengakses situs-situs yang diblokir, bahkan kamu juga tetap bisa mengakses website yang telah diblokir oleh pemerintah.

3. Menggunakan Wi-Fi publik

Jika kamu internetan menggunakan fasilitas Wi-Fi publik seperti Wi-Fi gratis di mall-mall atau tempat publik lainnya maka kamu harus untuk menggunakan VPN. Bisa saja informasi kamu dicuri oleh orang yang duduk di sebelah kamu. Dengan VPN, informasi kamu akan dienkripsi.

4. Browser history tidak akan terlacak

Jika kamu menggunakan VPN, history browser kamu tidak akan terlacak sehingga kamu dapat menyembunyikan.

5. Hak atas privasi

Privasi merupakan salah satu hak asasi manusia yang paling dasar. Tetapi dalam era milenial saat ini sangat sulit untuk menjaganya. Tidak ada yang namanya privasi ketika kamu online, tetapi dengan VPN kamu bisa mengurangi resiko agar informasi privasi kamu tidak terungkap.

Saat ini sudah banyak aplikasi VPN yang tersedia gratis yang bisa kamu gunakan pada perangkat PC atau laptop, dan juga untuk perangkat mobile berbasis Android dan iOS. Beberapa diantaranya: Tor, Opera VPN dan ZenMate.

 

Jakartawebhosting Banner 468-60px

Comments are closed.