5 Manfaat Media Sosial Untuk Kesehatan Mental

5 Manfaat Media Sosial Untuk Kesehatan Mental

5 Manfaat Media Sosial Untuk Kesehatan Mental

Platform media sosial merupakan salah satu komponen kehidupan yang penting pada dunia modern saat ini. Bagaimanapun, platform media sosial ini mempunyai dua sisi efek, efek positif dan efek negatif. Dari sekian banyak efek positifnya, ternyata media sosial juga dapat memberikan efek positif bagi kesehatan mental.

Berikut ini adalah 5 manfaat media sosial untuk kesehatan mental manuasia:

1. Manfaat Media Sosial Untuk Meningkatkan Hubungan Manusia

Manusia merupakan makhluk sosial, di dalam setiap individu pastinya ada keinginan untuk berinteraksi dengan orang lain. Dengan media sosial kita dapat menggunakannya untuk menjaga silaturahmi dan juga menghidupkan kembali silaturahmi dengan orang lain. Kamu juga bisa berinteraksi dengan orang lain dari seluruh dunia dengan single click.

Penelitian dari British Psychology Society mengungkapkan bahwa siswa yang memiliki kepercayaan diri yang rendah dapat menggunakan keuntungan dari media sosial untuk meningkatkan hubungannya dengan orang lain. Media sosial dapat mengangkat kita ketika kita merasa begitu minder. Kita hanya perlu memastikan bahwa hubunga ini akan menambah nilai hidup kita.

2. Manfaat Media Sosial Membuat Kita Bahagia

Peneliti dari University of Michigan mengumpulkan data tentang bagaimana media sosial mempengaruhi suasana hati individu. Faktanya adalah bahwa penggunaan media sosial memiliki efek langsung pada kebahagian kita, entah itu perasaan bahagia atau tidak bahagia tergantung pada kita memandang kehidupan. Sistem komentar atau like yang kita terima dapat mengubah suasana hati dan meningkatkan kebahagian.

Misalnya saja disaat kita sedih kehilangan orang yang kita sayang, dukungan yang kita dapat dari teman-teman yang ada di media sosial, dapat membantu kita untuk mengatasi kesedihan tersebut. Namun ada juga orang-orang yang cenderung tidak bahagia karena interaksi dengan media sosial ini.

3. Manfaat Media Sosial Mendorong Multi-tasking

Media sosial dapat mengembangkan kemampuan multi-tasking di antara individu. Hal ini dapat meningkatkan kemampuan mental dan dapat membuat kita berpikir lebih tajam. Kamu pastinya banyak menemui orang bernavigasi antara halaman media sosial dan jendala lain saat mereka bekerja.

Media sosial tidak semuanya tentang menghentikan produktifitas, bullying siber dan tempat bagi pecinta selfie. Media sosial dapat mencapai apa yang dirancang jika kita menggunakannya dengan cara yang moderat dan niat yang benar. Dan kita dapat mengembangkan kapasitas mental kita melalui penggunaan yang tepat dari media sosial.

4. Manfaat Media Sosial Dalam Sosialisasi

Media sosial memainkan peran penting dalam membangun relasi dengan orang lain. Individu yang pemalu merasa lebih aman dalam menggunakan platform ini daripada bertatap muka dengan orangnya langsung. Individu ini akan mengembangkan teman-temannya dari seluruh dunia tanpa harus bepergian. Sehingga dapat meningkatkan kemampuannya untuk meningkatkan hubungannya dengan teman-teman baru.

Ikatan sosial ini dapat membantu individu untuk memikirkan cara-cara yang lebih baik untuk membangun hubungan. Individu ini akan mulai membayangkan dunia yang mereka lihat, tetapi tidak pernah ada disana. Mereka akan mengunjungi beberapa tempat dan mendapatkan pengalaman baru tanpa hadir disana. Hal ini membuat pikiran selalu aktif, dan dapat membantuk untuk mengembangkan kesehatan mental.

5. Manfaat Media Sosial Membandingkan Hidup

Kebanyakan orang yang menggunakan media sosial sering mengupdate segala hal yang terjadi dalam hidupnya. Seperti misalnya ketika mendapatkan pekerjaan baru, gebetan baru, pacar baru, atau saat mereka traveling, mendapatkan promosi dan lain sebagainya. Kamu menemukan bahwa kamu akan membandingkan kehidupan kamu dengan orang tersebut. Hal ini bisa menimbulkan efek negatif dan juga efek positif tergantung dari apa yang kita inginkan dalam hidup.

Bagi mereka yang berpikir positif tentang kehidupan harus mengambil hal ini sebagai kesempatan belajar yang sangat baik. Pelajari bagaimana orang seperti mereka mendapatkan seperti apa yang ada distatusnya. Post seperti itu harusnya dapat menantang dan mendorong kita untuk bekerja lebih keras. Dan menciptakan sikap yang positif, bahwa kamu juga bisa seperti itu dan saya pasti bisa.

 

Jakartawebhosting Banner 468-60px