Manfaat Google Analytic Untuk Mengukur Kesuksesan SEO

Mengukur Kesuksesan SEO Dengan Google Analytic

Mengukur Kesuksesan SEO Dengan Google Analytic

Sangat disayangkan banyak sekali orang yang mengabaikan untuk menggunakan alat yang sangat bagus seperti Google Analytic. Tool ini bisa digunakan gratis, mudah dipahami dan menyajikan berbagai informasi yang dapat membuat seseorang memahami bagaimana bisnis online mereka berjalan.

Dan banyak juga bisnis yang menggunakannya dengan kurang baik atau ada juga yang tidak bisa menggunakannya sama sekali.

Google Analytic dapat memberikan wawasan tentang bagaimana kamu mengukur keberhasilan SEO. Laporannya memungkinkan kamu untuk mengetahui apa yang bekerja atau tidak dari strategi SEO.

Berikut ini adalah beberapa tips bagaimana kamu bisa menggunakan Google Analytic untuk mengukur keberhasilan SEO.

1. Mengukur Referral Trafic

Salah satu informasi penting untuk strategi SEO adalah mengetahui sumber-sumber luar yang menjadi referensi website kamu. Hal ini dipanggil dengan Referral Traffic atau sumber lalu lintas rujukan, misalnya kamu mempostingan artikel ke halaman sosial media, kamu bisa melihatnya apakah mendatangkan traffic. Atau kamu ingin tahu apakah campaign digital marketing yang dilakukan berjalan dengan baik.

Masuk ke menu Acquisition -> All Traffic -> Referrals, dan lihat laporan referral trafic, atau bisa juga masuk ke menu Social -> Network Referral dan lihat statistik untuk mengetahui seberapa banyak traffic dari media sosial.

2. Cek Organic Search Traffic

Jika kamu ingin mengetahui traffic dari website kamu, bisa menggunakan fitur Organic Search Traffic. Masuk ke menu Acquisition lalu pilih All Traffic, pilih Channels dan Channel Grouping. Kemudian klik Organic Search, kamu dapat melihat laporan mengenai traffic dari organic search.

Hal ini dapat membantu kamu untuk mengetahui landing pages dan keyword apa saja yang berhasil dari website kamu.

3. Mengidentifikasi Halaman Yang Lambat

Kita semua tahu bahwa sangat menyebalkan dan melelahkan ketika menunggu halaman website yang lama terbuka. Kebanyakan malahan langsung menutupnya dan lanjut ke website lainnya.

Kecepatan waktu loading website sangat krusial, terutama adalah landing pages kamu. Dan jika kamu ingin tahu mengenai hal tersebut, bisa masuk ke Behaviour > Site Speed > Page Timings. Atur tombol yang tengah ke “Average Page Load Time” dan yang kanan ke “% Exit.”

Setelah kamu tahu halaman mana saja yang memiliki waktu loading yang lebih lama, kamu bisa berdiskusi dengan tim terkait untuk mengecek apa yang terjadi.