5 Jenis Musik Untuk Meningkatkan Produktivitas Kamu

5 Jenis Musik Untuk Meningkatkan Produktivitas Kamu

 

Kita dapat menggunakan musik untuk berbagai tujuan dalam kehidupan kita, mulai dari bersantai dirumah hingga berdansa dengan teman. Musik dapat menentukan mood apapun aktivitas yang kita lakukan, dan dapat mengubahnya tergantung pada jenis musik yang kita dengarkan.

Yang menjadi pertanyaan sekarang dapatkan musik membantu kamu untuk meningkatkan produktivitas? Untuk menjawabnya, mari kita lihat apa yang telah penelitian capai sejauh ini.

Bagaimana Musik Berpengaruh Pada Pekerjaan

Teresa Lesiuk, yang bekerja sebagai asisten profesor dalam program terapi musik di Universitas Miami. Bagian dari penelitiannya adalah meneliti efek dari mendengarkan musik pada kinerja pekerjaan. Menurut penelitiannya, orang yang mendengarkan musik secara umum menyelesaikan tugasnya lebih cepat dan mampu memberikan ide yang lebih baik ketimbang orang yang tidak mendengarkan musik.

Namun menurut penelitian lain musik pop malah dapat mengganggu kita dalam memproses informasi dan pemahaman membaca. Karena lirik secara instan, dapatn mengganggu karena kita dipaksa untuk mendengarkan lirik dan mengganggu apa yang sedang kita pikirkan.

Secara keseluruhan, musik dapat membantu meningkatkan produktivitas, namun tergantung dari jenis musik apa yang kamu dengarkan. Berikut ini adalah 5 jenis musik untuk meningkatkan produktivitas dan motivasi.

1. Musik Klasik

Musik klasik tidak hanya bagus untuk relaksasi sehabis bekerja seharian. Menurut penelitian yang melibatkan radiologis menunjukan bahwa setelah mendengarkan musik klasik, 7 dari 8 orang menemukan bahwa tingkat moodnya meningkat dan mereka lebih baik untuk berkonsentrasi pada pekerjaannya.

Kamu bisa menengarkan musik klasik seperti “Four Season” dari Vivaldi, atau “Brandenburg Concerto” dari Bach.

2. Musik Alam

Musik alam merupakan musik dengan suara yang dapat membuat kamu menyatu dengan alam, tanpa ada seorang pun yang mengganggu. Musik alam ini tidak hanya dapat menenangkan, tetapi mendengarkannya ketika bekerja dapat meningkatkan pikiran kognitif.

Mendengarkan musik alam seperti sungai yang mengalir, air terjun, atau gemerisik daun dapat bekerja dengan baik, namun hindari mendengarkan musik yang ada suara burung atau binatang-binatang lainnya karena bisa mengganggu. Bisa juga mendengarkan musik alam yang diiringi dengan instrumental seperti piano atau flute.

3. Musik Epik

Mendengarkan musik epik dapat memberikan kamu motivasi tambahan saat bekerja. Musik epik juga dapat membuat kamu seperti melakukan sesuatu yang penting untuk mengubah dunia. Musik epik ini biasanya merupakan musik latar yang ada di film-film, ketika menampilkan adegan-adegan yang seru seperti ketika adegan perang, tembakan-tembakan dan adegan aksi lainnya.

4. Musik Game

Apakah kamu bermain game atau tidak, musik game mungkin terdengar mengagetkan. Namun, musik dari video game dibuat khusus untuk membantu gamer untuk berkonsentrasi menyelasaikan game. Kamu bisa mendengarkan musik soundtrack dari video game seperti soundtrack dari game Bastion atau game lainnya.

5. Musik Ambient

Musik Ambient didefinisikan sebagai jenis musik yang menekankan nada dan suasana daripada struktur musik konvesional. Musik ambient biasanya diputar pada bandara untuk membuat orang yang sedang menunggu untuk masuk ke dalam pesawat tetap tenang dan relaks.

Cobalah beberapa musik tersebut dan salah satunya pasti dapat meningkatkan mood kamu ketika bekerja, dan yang paling sesuai dengan selera kamu.