Google Hadirkan Fitur Khusus Ramadan di Indonesia

Google Hadirkan Fitur Khusus Ramadan di Indonesia

Menyambut bulan Ramadan 1438, Google Indonesia menghadirkan beberapa fitur baru untuk penggunanya di tanah air. Fitur-fitur ini diklaim untuk membantu pengguna selama menjalankan ibadah puasa tahun ini.

Beberapa fitur baru yang dihadirkan oleh Google untuk menyambut bulan Ramadan di Indonesia, diantaranya:

1. Fitur Baru di Google Search

Selama bulan puasa biasanya pencarian mengalami kenaikan sekitar 28%, untuk itu Google mempermudah pencarian terkait Ramadan. Cukup dengan mengetik kata kunci ‘Ramadan,’ Google Search akan menampilkan sejumlah konten terbaik terkait dengan Ramadan.

Ketika saya mencobanya, Google Search menampilkan “Resep untuk Ramadan” pada bagian paling atas di halaman hasil pencarian. Sedangkan dibawahnya ditampilan berita dan artikel terkait dengan ramadan.

Selain itu di smartphone Android, bisa langsung mengetahui waktu buka atau menghitung mundur matahari tenggelam. Cukup dengan mengatakan “Ok Google, kapan matahari tenggelam.”

2. Cari Masjid dan Reservasi Restoran di Google Maps

Untuk mempermudah penggunanya melakukan ibadah khususnya sholat, pada aplikasi Google Maps kini bisa membantu untuk menemukan masjid terdekat. Fitur ini penting jika kamu sedang sering beraktifitas di luar ruangan.

Dan biasanya di bulan puasa ini ramai, banyak yang mengadakan reuni sekaligus buka bersama. Google menjawabnya dengan berkolaborasi bersama Qraved dan Chope, untuk memudahkan melakukan reservasi restoran. Cukup ketik nama restoran di Google Maps, lalui cari pilihan Cari Meja atau Find a Tablet. Pengguna akan langsung dibawa ke halaman reservasi.

Fitur terbaru lainnya adalah mengetahua jadwal KRL secara real time, pengguna bisa mengestimasi perjalan sehingga bisa sampai tepat waktu ditujuan. Fitur lainnya adalah kini pengguna dapat langsung men-sharing lokasi perjalanan kepada keluarga.

3. Fitur Ramadan di YouTube

Untuk YouTube, Google juga menghadirkan fitur baru yang bernama Ramadan Shift. Di dalamnya penggunakan dapat menemukan konten video yang relevan dengan bulan Ramadan.

Google juga menghadirkan doodle untuk YouTube, yang dipanggil dengan nama Youdle. Youdle akan diperbaharui secara berkala, termasuk puasa tahun ini. Ketika Youdle diklik, pengguna akan dibawa ke halaman Ramadan Shelf.

4. Google Photos

Pada perhelatan Google I/O 2017, Google mengumumkan akan menghadirkan sejumlah fitur baru untuk Google Photos.

Salah satu fiturnya adalah dapat berbagi foto dengan angota keluar atau teman dengan lebih cepat. Pengguna dapat berbagi foto yang tersimpan di smartphonenya dengan mudah dan cepat.