5 Trik YouTube Yang Mungkin Kamu Belum Tahu

YouTube merupakan layanan streaming video nomor satu di dunia, di website yang dimiliki oleh Google ini setiap bulannya melayani 1 miliar pengguna. Disini pengguna dapat menikmati tontonan video dengan kategori mulai dari komedi, interview, tutorial, review, live event dan masih banyak lagi.

Dan mungkin YouTube menjadi favorit kamu juga, kamu bisa menghabiskan waktu senggang menonton video di YouTube. Untuk memaksimalkan pengalaman kamu menonton di YouTube, kali ini saya akan membahas 5 trik YouTube yang mungkin kamu belum tahu.

1. Menonaktifkan Video Annotation

Anotasi merupakan kotak kecil yang berisi tulisan dan link yang bisa di klik, yang biasanya ditampilkan di atas video YouTube. Tujuan anotasi adalah untuk meningkatkan user engagement dengan menampilkan informasi tambahan atau link yang berhubungan dengan video yang sedang ditonton. Bagi yang meng-upload video mungkin berguna, tetapi bagi saya penonton hal ini mengganggu karena sering menutupi video.

Trik YouTube yang pertama adalah menonaktifkan anotasi. Caranya dengan mengakses setting YouTube. Klik profile picture kamu, lalu klik ikon gear (YouTube Setting). Pada sidebar sebelah kiri, pilih Playback dan hapus centang pada Annotations and Interactivity.

2. Paksa Buffering Untuk Keseluruhan Periode

Default-nya YouTube hanya mem-buffer hanya 30 detik dari keseluruhan waktu video ketika video di paused. Ketika koneksi internet tidak sangat cepat untuk men-load video hal ini bisa menyebabkan lag. Untuk menghindari hal ini, kita bisa memaksa agar YouTube mem-buffer keseluruhan video.

Trik YouTube yang kedua, untuk mem-buffer keseluruhan video bisa menggunakan tool yang bernama SmartVideo for YouTube, tool ini tersedia untuk add-on Firefox dan ekstensi Chrome. Install dan pasang tool ini dan kemudia bukan video YouTube, dan kini akan akan pilihan tambahan pilihan di bawah video, klik Global Preferences, dan centang pada kotak, Smart Buffer.

3. Disable Autoplay

Ketika selesai memutar video, YouTube akan langsung memutar secara otomatis video selanjutnya, saya terkadang merasakan hal ini sedikit mengganggu karena terkadang video yang diputar tidak sesuai yang saya mau tonton. Fitur ini dinamakan Autoplay.

Trik YouTube yang ketiga adalah menonaktifkan fitur autoplay. Cara menonaktifkannya, adalah tinggal menonaktifkan tombol autoplay yang ada di sebelah kanan, di atas list video yang related.

4. Menonton Video dengan Kecepatan Normal, Cepat atau Lambat

Mungkin ketika kamu menonton video YouTube videonya berjalan terlalu cepat, sehingga kamu tidak bisa melihat detil yang kecil. Mungkin kamu ingin memutar video dengan kecepatan yang lebih lambat.

Trik YouTube keempat, memutar video dengan kecepatan normal, lambat dan cepat. Caranya dibawah video ada beberapa menu untuk Play / Pause, Volume dan lain sebagainya. Klik ikon gear di menu ini, lalu pilih speed dan pilih kecepatannya normal, 0,5 / 0,25 lebih lambat dan di atas 1 lebih cepat.

5. Download Subtitel Video YouTube

YouTube digunakan oleh miliaran pengguna yang berasal dari berbagai negara yang menggunakan berbagai bahasa. Video yang di-upload juga tidak hanya menggunakan bahasa Indonesia dan Inggris saja. Bagusnya di YouTube menyediakan subtitle dan kita bisa mengerti video dengan bahasa asing. Namun jika kamu men-download video di YouTube biasanya subtitle ini tidak akan di download juga.

Trik YouTube kelima adalah men-download subtitle yang ada di video. Buka website KeepSub, copy URL video yang sedang kamu tonton, dan paste ke kolom yang ada di KeepSub. Klik tombol di sebelahnya, dan KeepSub akan mengambil subtitle dan kamu bisa men-downloadnya. KeepSub juga menawarkan terjemahan untuk subtitle menggunakan Google Translate.

 

Jakartawebhosting.com menyediakan layanan Web Hosting, dengan kecepatan dan stabilitas pusat data dan server yang baik, up time server 99,9%, team support yang siap membantu 24 jam dan biaya langganan yang menarik.