Cari Tahu Berita Hoax Dengan Tool Ini

Cari Tahu Berita Hoax Dengan Tool Ini

Dulu kita mengetahui berita baru dari surat kabar, tabloid, majalah dan sebagainya, namun sekarang di dunia serba online semuanya bergeser. Orang di seluruh dunia saat ini mengetahui berita terbaru melalui channel online atau internet. Hal ini membuat semakin menjamurnya media online, di seluruh dunia ada ribuan website berita setiap harinya. Namun yang sangat disayangkan, tidak semuanya dapat dipercaya dan malah kita harus berhenti membacanya.

Masalah yang sedang kita hadapi saat ini di seluruh dunia dan juga di Indonesia adalah berita hoax atau berita yang tidak benar. Dan yang berbahaya banyak orang yang percaya berita tersebut dan menyebarkannya tanpa mereka tahu berita itu sebenarnya adalah palsu. Sebelum menyebarkan berita, kita wajib untuk mengecek apakah berita tersebut valid atau berita hoax.

Kabar baiknya ada banyak orang yang peduli dengan masalah ini dan membuatkan tool untuk siapa saja yang ingin melawan berita hoax. Kali ini saya akan membahas beberapa tool yang bisa kita gunakan untuk mengecek berita palsu.

Tool Untuk Mengecek Berita Hoax

1. BS Detector

BS Detector merupakan ekstensi untuk software browser termasuk Chrome dan Firefox. BS Detector akan mencari semua link pada halaman web tertentu untuk referensi sumber yang tidak dapat dipercaya, kemudia mengeceknya kembali secara manual yang dikompilasi dengan daftar domain. Ekstensi ini akan memberikan peringatan kepada pengguna tentang adanya link yang meragunkan atau mempertanyakan website seperti yang menyebar berita palsu, sindirian, konten bias yang ekstrim, teori konspirasi, rumor, click bait dan lainnya.

2. Fake News Blocker

Ekstensi ini menggunakan daftar dari website yang menyajikan berita palsu untuk memberikan peringatan kepada pengguna. Fake News Blocker memiliki daftar yang banyak dari website jahat yang menerbitkan berita palsu untuk mendapatkan uang atau menyebar berita dengan maksud untuk menyesatkan. Setiap kamu mengunjungi website berita palsu, tool ini akan memperingatkan kamu.

3. Fake News Alert

Sama seperti yang di atas, Fake News Alert merupakan ekstensi, yang akan memberikan peringatan ketika kamu mengunjungi website berita palsu.

4. StopTheBullshit

StopTheBullshit juga merupakan ekstensi untuk browser. Ekstensi ini akan memblokir website yang mempublikasi berita hoax di Facebook. Di Facebook banyak sekali website yang menggunakan click bait, biasanya mereka menggunakan judul dan foto yang heboh agar pengguna Facebook mau mengkliknya. Website tersebut akan mendapatkan banyak pengunjung dan mendapatkan banyak uang. StoptheBullshit akan memblokir website scam seperti ini di Facebook.

5. TurnBackHoax

Masyarakat Indonesia Anti Hoax menyediakan halaman website dimana kita bisa mencari tahu berita-berita hoax yang sedang heboh. Mereka juga menyediakan aplikasi Android yang bisa di download dari Google Play Store. Dan kamu juga bisa melaporkan berita palsu ke mereka di alamat https://data.turnbackhoax.id/. Atau kamu juga bisa melaporkannya ke Kementerian Komunikasi dan Informatika di alamat [email protected].

 

 

Jakartawebhosting.com menyediakan layanan Web Hosting, dengan kecepatan dan stabilitas pusat data dan server yang baik, up time server 99,9%, team support yang siap membantu 24 jam dan biaya langganan yang menarik.