Mengenal Web Domain

Mengenal Web Domain

Mengenal Web Domain
Mengenal Web Domain

Tahukah Anda apa itu web domain? Mungkin ada di antara kalian yang masih belum mengetahuinya. Untuk itu, pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai web domain. Web domain atau domain adalah alamat situs yang sehari-hari kita ketik pada web browser. Dengan kata lain, domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer. Domain dapat memberikan kemudahkan pengguna di internet untuk melakukan akses ke server dan mengingat server yang dikunjungi dibandingkan harus mengenal deretan nomor (Internet Protocol).

Seperti www.google.com, www.koran-sindo.com, atau yang lainnya. Agar lebih memahaminya, kita akan membahas beberapa istilah yang berkaitan dengan web domain ini.
Sebuah alamat website terdiri dari struktur tetap yang terdiri dari Top Level Domain, Second Level Domain, Third Level Domain dan Sub domain. Berikut ini adalah penjelasannya.

Top Level Domain

Top Level Domain (TLD) adalah bagian dari alamat website yang paling kanan hingga tanda titik. Dari alamat www.google.com, bagian “.com” adalah TLD. Contoh TLD lainnya yakni .net, .org, atau .id.

Terdapat ratusan TLD yang bisa digunakan. Selain TLD klasik seperti .com, .net atau .org, saat ini juga tersedia TLD yang terdiri dari kata seperti .website, .ninja, .travel, atau .yoga. Selain itu, terdapat juga istilah Country Code Top Level Domains (ccTLD). ccTLD adalah TLD khusus yang digunakan untuk negara tertentu. Sebagai contoh, domain .id digunakan untuk negara Indonesia, .us untuk Amerika Serikat, .my untuk Malaysia, .sg untuk Singapura, dan lain-lain.

Second Level Domain

Pada web domain, setelah top level domain bagian selanjutnya adalah SLD atau Second Level Domain. SLD berada setelah TLD, yakni setelah bagian “.com” dari sebuah situs. Sebagai contoh, “google” adalah SLD dari domain www.google.com.

Beberapa domain juga menggunakan second level domain yang seolah-olah bagian dari top level domain. Contohnya, di Indonesia terdapat domain dengan akhiran .co.id, ac.id, atau web.id, seperti yang digunakan oleh www.kaskus.co.id. Bagian “co” di sini tetap disebut sebagai second level domain.

Third Level Domain

Setelah second level domain, masih ada third level domain. Ini adalah bagian selanjutnya dari nama domain. Dari contoh www.kaskus.co.id, kata “kaskus” terletak di bagian third level domain.

Pengertian Sub Domain

Selain struktur heriarki domain: top, second, dan third level domain, juga terdapat istilah Sub Domain. Pada web domain, Sub Domain adalah sebutan untuk domain yang merupakan bagian dari domain utama. Sebagai contoh, jika www.google.com adalah domain utama, maka mail.google.com adalah sub domain dari situs Google. Bagian mail inilah yang dimaksud dengan sub domain.

Anda jangan khawatir, setelah kalian membeli sebuah nama domain, sub domain ini bisa dibuat sesuka hati tanpa biaya tambahan, dengan catatan layanan hosting menyediakan fitur ini.
Demikian penjabaran singkat mengenai web domain. Semoga bermanfaat.

Comments are closed.