Fungsi Kategori Untuk Blog Atau Website

manfaat blogging
SEO
SEO

Banyak orang berangapan bahwa fungsi kategori dan tag pada blog adalah sama persis. Sebenarnya pernyataan tersebut tidak bisa disalahkan juga karena keduanya mempunyai pengaruh besar dalam proses SEO. Namun menurut definisinya, tag dan kategori memiliki arti yang berbeda. Tag mempunyai fungsi sebagai kata – kata yang berhubungan dengan isi suatu artikel atau bisa didebut juga keyword dari artikel kita. Sebenarnya, fungsi kategori adalah untuk kategorisasi atau pengelompokan artikel atau posting yg kita tulis sehingga mempermudah pengunjung untuk mengakses artikel yang mempunyai kategori sama. Sebenarnya bukan sebuah keharusan untuk mengkategorisasikan setiap posting kita. Namun manfaatnya akan kita rasakan apabila artikel yang kita tulis sudah puluhan, ratusan atau bahkan ribuan. Kategori mempermudah kita untuk mencari tulisan yang kita inginkan.

kategori ini sebenarnya terkait dengan sejarah search engine. Dimana dulu sebelum adanya search engine, alat pencarian yang terkenal adalah directory. Di dalam directory terdapat kategori-kategori website untuk memudahkan pengguna mencari web yang diinginkan. Nah, setelah pengguna search engine makin banyak, maka penggunaan topik-topik atau kategori sudah tidak diperlukan lagi. Dengan naiknya search engine, maka penggunaan kategori ini mulai diabaikan, yang akhirnya tergantikan oleh fokusnya penggunaan keyword

Tapi jangan pernah kita mengabaikan kekuatan dari tag atau kategori ini. Karena keduanya memiliki pengaruh untuk mempertajam proses SEO. Kita ambil contoh fungsi dari kategori. Jika kita menulis sebuah artikel baru tanpa mengkategorikannya, maka dipastikan search engine tidak akan mengenali dan akan membutuhkan waktu untuk memuat artikel kita tersebut kedalam indexnya. Namun dengan pemakaian kategori, artikel yang baru kita tulis tersebut akan terbantu langsung untuk bisa diindex ke dalam search engine. Karena nama kategori sebelumnya sudah pernah di index, dan dengan dibantu fungsi tag, maka keyword yang berhubungan dengan artikel baru kita tersebut akan bisa dimuat. Masih belum mengerti ? Oke dengan kata lain artikel yang baru kita tulis tersebut akan “menumpang” ke dalam kategori yang telah berisi artikel – artikel kita yang sudah terindex ke dalam search engine.

Semoga dengan penjelasan tersebut, kita sebagai blogger dapat lebih memanage dan memperindah isi konten  blog kita, sehingga artikel yang kita tulis dapat menarik minat pembaca dan akan menarik calon pembaca lainnya. Karena kita perlu ingat bahwa artikel yang kita tulis adalah untuk mata manusia bukan untuk mata robot (search engine).

Manfaatkan layanan shared hosting dari jakartawebhosting.com, untuk Blog Anda

Jakarta Web Hosting Indonesia
Jakarta Web Hosting Indonesia

Comments are closed.