8 Cara Membuat Password Yang Aman

8 Cara Membuat Password Yang Aman

Menurut laporan dari Adobe ada dua juta orang pengguna media sosial popular seperti Facebook, Twitter, Google, Yahoo dan LinkedIn yang menjadi korban dari hacker dengan memanfaatkan kesalahan pengguna dalam membuat password, sehingga hacker dapat dengan mudah membobol akun korbannya. Menurut perusahaan keamanan Trustwave banyak pengguna online yang menggunakan password dengan kombinasi angka yang mudah ditebak. Kebanyakan pengguna menggunakan password seperti:

– 123456,
– 123456789,
– 1234,
– password,
– 12345,
– 12345678
– Admin
– 123
– 1
– 1234567.

Kamu harus membuat password yang sulit ditebak untuk setiap akun, terutama pada akun yang didalamnya terdapat data penting, seperti akun email, internet banking, media sosial dan lainnya. Kali ini kami akan memberikan tips mengenai cara membuat password yang aman.

1. Cara membuat password yang aman adalah jangan pernah menggunakan password yang simpel, seperti kombinasi angka di atas, kombinasi abjad seperti abcd, abcde, qwertyyu dan sebagainya, menggunakan nama kamu sendiri atau menggunakan tanggal lahir. Jangan pernah membuat password yang mudah ditebak.

2. Cara membuat password yang aman selanjutnya, menggunakan password dengan kombinasi yang kompleks. Buat password dengan menggunakan kombinasi yang kamu sendiri sulit untuk menyebutkannya, kamu bisa mengkombinasi berbagai karakter dan menggunakan huruf capital. Seperti misalnya: sayaSukauaNG$100, LangiT00biru)), dan lain sebagainya.

3. Cek tingkat keamanan password kamu dengan Password Checker, seperti: https://www.microsoft.com/security/pc-security/password-checker.aspx

4. Gunakan password yang berbeda-beda pada setiap situs, dan jangan menggunakan ulang password. Hacker bisa memanfaatkan satu password yang terungkap untuk membuka semua akun yang kamu miliki. Bahkan jika kamu memiliki password yang sulit sekalipun, hal ini malah menjadi sia-sia.

5. Gunakan aplikasi password manager. Jika kamu mempunyai banyak akun dan setiap akun memiliki password yang berbeda, pastinya kamu kesulitan untuk mengingatnya. Kamu bisa menggunakan aplikasi password manager, dan lindungi aplikasi tersebut dengan password yang kuat.

6. Lindungi semua password kamu, jangan beritahukan ke siapa saja termasuk ke orang-orang yang dekat dengan kamu. Apalagi jika berisi informasi yang sensitif.

7. Ganti password kamu secara berkala, memang agak ribet tetapi cara ini bisa menjaga akun kamu lebih aman. Dan juga jika kamu terpaksa memberitahu password kamu ke orang, kamu harus segera menggantinya.

8. Jangan gunakan fitur save password pada web browser. Setiap web browser seperti Chrome, Firefox dan lainnya memiliki fitur save password. Jika menggunakan komputer umum seperti di warnet, jangan pernah menyimpan password kamu dan setelah selesai harus segera men-logout akun kamu. Banyak kejadian akun media sosialnya dibajak, karena menyimpan password atau lupa logout di komputer warnet.

 

 

Comments are closed.