Tool Gratis Untuk Melihat Misteri Dibalik Website

Tool Gratis Untuk Melihat Misteri Dibalik Website

Tool Gratis Untuk Melihat Misteri Dibalik Website

Apa yang kita lihat pada satu halaman web hanya permukaannya saja yang terlihat cantik. Dibalik layar ada berbagai teknologi yang digunakan untuk membangun satu website. Sebagai pemilik bisnis atau digital marketer, kita harus mengerti apa saja yang teknologi yang digunakan oleh website kita, dan mungkin yang paling penting, kita harus tahu teknologi yang digunakan oleh kompetitor kita. Tujuannya adalah agar website kita menghadirkan kinerja yang lebih baik dibandingkan dengan kompetitor.

Untuk mengetahui teknologi yang digunakan pada suatu website tidak mengharuskan kita mengerti mengenai programing. Ada banyak tool gratis yang bisa digunakan untuk menganalisis suatu website, dan ini tool gratis terbaik untuk menganalisa halaman website.

1. BuiltWith

BuiltWith merupakan tool gratis yang bisa diakses di //www.builtwith.com/. Tool ini akan memberikan informasi yang terbilang detil mengenai teknologi yang digunakan pada suatu website. Seperti CMS yang digunakan, Web server yang digunakan, email host, SSL certificate, pengiklan, Analyctic, JavaScript Libraries, tampilan Mobile, Content Delivery Network (CDN), hingga sistem pembayaran dan pengiriman jika website tersebut merupakan website E-Commerce.

2. Alexa Traffic Rank

Alexa merupakan tool gratis yang sangat penting, bagi pemilik website ata digital marketer untuk menganalisa ranking. Tidak hanya dapat digunakan untuk mencari tahu ranking situs kita sendiri, kita juga dapat mengetahui ranking situs kompetitor. Kita dapat membandingkannya untuk membuat strategi agar website kita selalu yang terdepan. Beberapa informasi yang bisa diketahui dengan Alexa diantaranya ranking global dan lokal, bounce rate, negara popular yang mengakses website kita, keyword dan referring sites.

3. PageSpeed Insight

Kecepatan loading suatu website memiliki pengaruh yang besar, semakin cepat maka pengunjung semakin betah berlama-lama dan mengunjungi ulang website kita. Namun jika waktu loadingnya lama, pengunjung akan tidak sabar dan langsung menutup halaman web browser-nya. Untuk mengetahui seberapa cepat website kita, kita bisa menggunakan tool PageSpeed Insight dari Google. Tool ini akan menganalisa situs yang diinginkan mengenai masalah kecepatan, dan akan memberikan sugesti untuk memperbaiki masalah yang ada. Tool ini juga akan memberikan nilai dari 0 – 100, lebih tinggi tentunya lebih bagus dan website kita harus mendapatkan minimal nilai 85 agar dikatakan bagus.

4. Developer Tools

Ingin tahu tema WordPress apa yang digunakan suatu website, atau ingin tahu font keren yang digunakannya? Kita bisa melihatnya melalui HTML dengan menggunakan Developer Tools. Caranya cukup mudah tinggal klik kanan pada halaman situs, lalu pilih Inspect pada Google Chrome atau Inspect Element pada Firefox.

 

Jakartawebhosting Banner 150-100

Comments are closed.