Pengertian SSL

Pengertian SSL

SSL
Pengertian SSL

Secured Socket Layer atau yang biasa kita singkat menjadi SSL ini berguna untuk mengamankan transmisi data melalui situs web. Transmisi data seperti informasi kartu kredit, nama pengguna dan password pengguna, semua informasi sensitif lainnya harus diamankan untuk mencegah eavesdropping, pecurian data ketika transaksi online dan lainnya.

Fungsi dari SSL sebenarnya sama seperti fungsi TCP pada komunikasi normal yang menyediakan infrastruktur komunikasi standar. SSL memberikan mekanisme komunikasi otentikasi dasar seperti password Telnet dan ontentikasi http dasar menjadi sangat kuat ketika dieksekusi dengan SSL dibandingkan dengan TCP, sehinnga password yang dikirim tidak lagi berbentuk Plainteks. Jadi perlu diingat bahwa SSL tidak menyediakan mekanisme otentikasi user tapi hanya menyediakan mekanisme otentikasi komunikasi atau dengan kata lain SSL berfungsi untuk membuat koneksi terencrypt.

SSL sendiri dibuat pada tahun 1994 oleh perusahaan besar Netscape dengan tujuan sebagai teknologi enkripsi untuk mengamankan HTTP sehingga pengiriman data antara Website dengan pengunjungnya menjadi aman. SSL adalah protokol keamanan yang dipakai hampir di semua transaksi online yang menyediakan otentikasi pada sisi client dan opsional pada sisi server. Dengan begitu komunikasi antara client dan server menjadi aman dan tidak akan ada pihak yang bisa melakukan hal-hal yang bersifat merusak atau dengan kata lain mengakses informasi yang sifatnya sensitif.

Cara kerja SSL adalah dengan mengubah suatu protokol transport seperti TCP menjadi suatu saluran komunikasi yang aman sehingga cocok untuk transaksi yang membutuhkan data pribadi seperti Paypal, Internet Banking, dan lainnya. Keamanan ini dijamin dengan menggunakan kombinasi antara kriptografi kunci publik dan kriptografi kunci simetri yang dilakukan secara bersamaan oleh sebuah infrastruktur bersetifikat. Sertifikat sendiri adalah sebuah kumpulan data identitas dalam format yang telah distandarisasi. Data tersebut digunakan dalam proses verifikasi identitas dari sebuah entitas contohnya adalah web server. Apabila kalian mempunyai Website seperti bisnis online maka sebaiknya kalian memasang SSL sertifika agar transaksi online kalian menjadi aman.

SSL sertifikat adalah kode rahasia besar dengan ukuran mulai dari 1024 Bit, 2048 Bit, hingga mencapai 4096 Bit. Kode SSL sertifikat ini harus diinsatal pada server yang menjadi tempat peletakan dari website dan nama domain website tersebut.

Ciri-ciri dari website yang sudah menggunakan SSL sertifikat munculnya ikon gembok emas pada URL box di Browser. Selain itu yang menjadi indikasi lain bahwa website yang kalian kunjungi menggunakan SSL sertifikat adalah terdapat // di awal alamat URL website tersebut. Dengan sertifikat SSL kita tidak hanya dapat mengamankan data pada web aplikasinya saja tetapi bisa juga digunakan untuk mengamankan transmisi atau lalu lintas email.

Presented By web hosting indonesia

Jakarta Web Hosting Indonesia
Jakarta Web Hosting Indonesia

 

Comments are closed.